Jumat, 17 Juni 2016

Unik! Bintang Kuno ini dapat Bernyanyi di Angkasa

Bintang jika dilihat dari bumi sangatlah indah. Maka tak jarang orang rela pergi ke suatu tempat agar dapat melihat bintang-bintang yang indah itu. Berkelap-kelip seolah memiliki cahaya.

Tapi ternyata, bintang tak hanya diam. Ia tak hanya memantulkan cahaya, tapi ia juga bernyanyi! Terdengar suara-suara nyanyian dari bintang yang mirip seperti suara di film sains fiksi zaman dahulu.
Bintang di langit / Gambar via astronomersdoitinthedark.com
Gugusan berisi puluhan ribu bintang ini memiliki jarak yang dekat dengan Bumi, yaitu sekitar 7.200 tahun cahaya. Suara dari bintang tersebut bergema karena terperangkap di dalam gugusan, tapi bernafas dengan bukti bercahaya karena panas dan meredup karena dingin.

Para peneliti sulit melakukan rekaman dengan cara biasa, karena suara tidak dapat dihantarkan dalam ruang hampa udara. Oleh sebab itu, proses osilasi didasari pada perubahan atau detakan pada cahaya bintang. Jadi, suara yang terdengar adalah hasil dari terjemahan cahaya.

Misi NASA Kepler/K2 dilakukan untuk mendeteksi suara osilasi gema akustik yang muncul dari gugusan bintang Messier 4 (M4). Mereka mempelajarinya dengan teknik asteroseismology. Dengan pengukuran ini, ilmuwan dapat membuat formula guna mendeteksi umur dan massa bintang.

Wah unik ya, bintang dapat bernyanyi!
Unik! Bintang Kuno ini dapat Bernyanyi di Angkasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top