Rabu, 15 Juni 2016

Keren! Band Metal ini Islami Banget Loh!

Mungkin musik metal tak bisa diterima oleh banyak orang seperti musik pop. Hal ini dikarenakan warna musik yang keras, serta dandanan para personelnya yang terkadang nyeleneh dan sangar. Orang juga memiliki penilaian negatif pada musik metal, dan di negara barat mereka menganggap musik metal mengandung unsur doktrinasi yang dapat mempengaruhi cara berpikir.

Namun, semua ini tidak sepenuhnya benar. Bahkan, tak sedikit band metal yang menyuarakan ajaran Islam. Memang terdengar bertolak belakang, tapi kenyatannya ada band-band metal yang Islami banget loh!

Inilah band metal yang Islami di dunia :
  1. The Kordz

    The Kordz merupakan band metal asal Libanon. Band ini beranggotakan Moe Hamzah pada vokal, Mazen Siblini pada keyboard, Nadim Siufi dan Alan Azar pada guitar, Souhail Mukadem pada drum, (gitar), dan Nadim Abu Cakra pada bass. Mereka berasal dari Libanon Selatan yang dikuasai oleh Hizbullah.
    The Kordz / Gambar via YouTube Souheil Moukaddem
    Baru setelah pindah ke Beriut, band ini mendapat ruang dan diterima masyarakat. Terbukti dengan kesuksesan The Kordz mengadakan tur ke Eropa dan Kanada. Lirik dari lagu mereka kebanyakan menggambarkan cinta, keluarga, serta perdamaian.
  2. Tengkorak

    Tengkorak adalah band grindcore pertama asal Indonesia yang dibentuk pada tahun 1993. Band ini beranggotakan M. Hariadi "Ombat" Nasution pada vokal, Danang Budhiarto pada Bass, Yoyok Radianto pada gitar, dan Denny Julianto pada drum. Kemudian pada tahun 1994 Mustofa bergabung menjadi gitaris serta line up terakhir yang bertahan hingga saat ini.
    Tengkorak / Gambar via kaskus.co.id
    Awalnya band ini belum beraliran Islami. Kemudian Ombat mengubah segalanya dan band itu berubah 180 derajat. Mulai dari lambang dan lirik-lirik lagu yang berubah menjadi sangat Islami. Mereka juga mengganti salam tiga jari yang menjadi ciri khas dari band metal dengan salam satu jari telunjuk yang menandakan tauhid.
  3. ArthimoTh

    ArthimoTh / Gambar via arthimoth.com
    Salah satu anggota ArtimoTh, yaitu Ali Azheri, adalah ulama muda asal Irak. Awalnya ia tidak menyukai musik metal, dan percaya bahwa musik metak itu dekat dengan setan. Setelah ia mempelajari sejarah dan asal usulnya, ia mulai mengerti bahwa Al Qur'an tidak mengharamkan jenis musik metal dan ia mulai menekuni dunia musik metalnya sembari menyiarkan agama Islam.
  4. Tarantist

    Tarantist adalah band asal Teheran, Iran. Anggota band ini adalah Arash, Arsy, Aidin, dan Shahab. Band ini dinilai berani dan nekad memperjuangkan musik metal di negara Iran yang saat itu, kepala negara tidak memperbolehkan musik yang berbau kebarat-baratan di negara Iran.
    Tarantist / Gambar via jorzine.com
    Tarantist mendistribusikan lagu-lagu mereka melalui jalur bawah tanah. Dan sekarang, mereka hijrah ke Amerika untuk mendapat kebebasan bermusik dengan tetap menyuarakan agama Islam.
Keren ya readers? Ternyata musik metal tidak selalu identik dengan kekerasan.
Keren! Band Metal ini Islami Banget Loh! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top