Jumat, 03 Juni 2016

Kekebalan Tubuhmu Rusak? Inilah Kebiasaan yang Menyebabkannya!

Sistem kekebalan tubuh itu merupakan hal yang penting di dalam tubuh. Perlu kita menjaganya agar tetap kuat dan sehat, dengan sistem kekebalan tubuh yang baik maka kita pun akan terhindar dari berbagai penyakit. Karena jika kekebalan tubuh rusak, akan menimbulkan penyakit yang cukup serius.

Misalnya saja seseorang yang terkena flu, meski tergolong ringan namun flu juga membuat orang tak nyaman dan tidak bisa maksimal menjalankan aktivitas sehari-hari. Bahkan ada yang sampai mengharuskannya tetap terbaring di tempat tidur. Itulah salah satu contoh jika kekebalan tubuhmu terganggu. Dan ada hal lain yang dapat merusak sistem kekebalan tubuhmu.

Inilah yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh :
  1. Kurang Tidur

    Kurang tidur / Gambar via kedrickwan.com
    Kurang tidur menyebabkan risiko kekebalan tubuh rusak. Karena ketika tidur, tubuh mampu mengembalikan dan mengisi bahan bakar tubuh, termasuk sistem kekebalan tubuh. Itu sebabnya kamu merasa segar setelah tidur nyenyak.
  2. Terlalu Banyak Olahraga dan Kurang Latihan

    Terlalu banyak olahraga / Gambar via newsports.com 
    Terlalu banyak olahraga tidak baik, karena dapat menyebabkan masalah kardiovaskular dan membebani sistem kekebalan tubuh. Sebaliknya, kurang latihan juga buruk karena dapat membuat sistem kekebalan tubuh lemah dan meningkatkan risiko penyakit dan infeksi. Oleh karena itu, lakukan olahraga yang sesuai dengan tubuh dan waktu yang pas, jangan terlalu banyak atau sedikit.
  3. Kegemukan

    Kegemukan / Gambar via roguehealthandfitness.com
    Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan menemukan bahwa obesitas dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga sesuai dengan kondisi tubuh perlu dilakukan untuk mengurangi risiko obesitas.
  4. Kurang Minum Air

    Kurang minum air / Gambar via stack.com
    Air adalah minuman menyehatkan, karena air dapat membersihkan racun berbahaya di dalam tubuh. Oleh karena itu, jangan lupa minum banyak air agar tubuh menjadi lebih sehat dan racun-racun dalam tubuh dapat terbilas.
  5. Merokok

    Merokok / Gambar via thespiritscience.net
    Dalam satu batang rokok terkandung banyak sekali racun yang membahayakan tubuh. Inilah sebabnya para perokok aktif mudah terserang penyakit pernafasan, paru-paru, bronkitis, asma, hingga pneumonia. Sistem kekebalan tubuh para perokok aktif juga sangat rentan akan penyakit. Oleh karena itu, berhentilah merokok sekarang juga!
  6. Stres

    Stres / Gambar via englighten.org.au
    Stres ternyata tak hanya mempengaruhi pikiran, tapi juga dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh akan melemah dan hormon di dalam tubuh menjadi tak seimbang. Itu sebabnya sering kita melihat orang stres badannya kurus dan mudah sakit.
  7. Terlalu Banyak Sinar Matahari

    Terlalu banyak terpapar sinar matahari / Gambar via revefit.com
    Tubuh kita juga butuh asupan sinar matahari, tapi tidak terlalu banyak. Karena, jika terpapar banyak sinar matahari akan menyebabkan kulit terbakar, dan radiasi sinar UV selain dapat meningkatkan risiko kanker juga dapat merusak sistem kekebalan tubuh.
Itulah kebiasaan yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, hindari kebiasaan tersebut sekarang juga!
Kekebalan Tubuhmu Rusak? Inilah Kebiasaan yang Menyebabkannya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top