Selasa, 21 Juni 2016

Inilah Uniknya Nasi Pecel dari Jateng dan DIY

Indonesia adalah negara  yang beragam. Banyak sekali kekayaan Indonesia yang tak akan ada habisnya. Salah satu kekayaan di Indonesia adalah kulinernya.

Berbicara mengenai kuliner, tentu tidak asing lagi dengan makanan bernama pecel. Kumpulan sayuran hijau yang dicampur jadi satu dan diguyur sambal kacang yang khas. Kali ini, akan diulas pecel dari daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Penasaran seperti apa?

Inilah uniknya nasi pecel dari Jateng dan DIY :
  1. Pecel Kembang Turi, Imogiri, Yogyakarta

    Pecel kembang turi / Gambar via yogyakarta.panduanwisata.id
    Pecel kembang turi menggunakan kembang turi sebagai sayuran utamanya. Kembang turi adalah bunga dari pohon turi (Sesbania grandiflora (L)). Pecel kembang turi ini biasa dijajakan keliling di sekitar makam Imogiri, tempat wisata di Imogiri, juga gua-gua di Imogiri.
  2. Pecel Semarang

    Pecel Semarang dengan berbagai lauk / Gambar via mangrovemagz.com
    Pecel Semarang memiliki cita rasa bumbu yang gurih dan cenderung manis. Pecel Semarang biasanya disajikan dalam daun pisang atau pincuk. Dilengkapi dengan berbagai lauk pauk yang banyak, menambah nikmat rasa pecel ini.
  3. Pecel Ndeso, Surakarta

    Pecel ndeso / Gambar via diahdidi.com
    Ada yang unik dari pecel ndeso Solo ini, selain disajikan dalam pincuk, pecel ndeso memiliki warna sambal yang hitam. Hal ini terjadi karena pada sambal pecel ndeso terdapat campuran bahan cabuk, yaitu ampas dari proses pembuatan minyak wijen. Jika biasanya pecel menggunakan nasi putih atau lontong, maka pecel ndeso menggunakan nasi merah.
  4. Pecel Kembang Kecombrang, Kroya, Cilacap

    Pecel kembang kecombrang / Gambar via blog.rawins.com
    Biasanya pada pecel hanya terdapat sayuran hijau, tapi berbeda dengan pecel yang ada di Kroya, Cilacap, dimana pecel ini menggunakan kecombrang. Yang digunakan adalah bunga kecombrang yang berwarna merah keunguan. Kecombrang sendiri memiliki aroma dan rasa yang khas, inilah yang membedakan pecel kecombrang dengan pecel yang lain.
  5. Pecel Kenci, Temanggung

    Pecel kenci / Gambar via targetabloid.co.id
    Kenci, adalah salah satu jenis dari selada air. Kenci banyak tumbuh di perairan daerah Temanggung, oleh karena itu warga memanfaatkannya dengan dibuat pecel. Rasanya pun enak, terlebih dengan guyuran sambal kacang khas Temanggung. Biasanya, pecel kenci disajikan dengan mie.
Wow jadi pengen nyoba nih!
Inilah Uniknya Nasi Pecel dari Jateng dan DIY Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top