Kamis, 23 Juni 2016

Inilah Tips Mengatasi Pusing tanpa Membatalkan Puasa

Pusing dapat menjadi penyakit ringan ataupun berat. Pusing dapat disebabkan oleh berbagai hal, ada yang karena kurang tidur, stress, vertigo, migrain, atau penyebab lainnya. Ketika dilanda pusing, terkadang kita langsung meminum obat, tapi bagaimana ketika sedang berpuasa di bulan Ramadhan?

Tentunya kita harus punya cara lain agar pusing kita teratasi tanpa puasa kita batal kan? Dalam hal ini, kita tidak mengandalkan obat. Lalu, bagaimana caranya?
Pusing / Gambar via newhealthadvisor.com
Inilah tips mengatasi pusing tanpa membatalkan puasa :
  1. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

    Di dalam otak mengandung 75 persen air. Ketika cairan tubuh berkurang, maka otak akan mengeluarkan histamin. Histamin ini dapat menyebabkan pusing dan penat. Oleh karena itu, meskipun sedang puasa jangan lupa untuk konsumsi air mineral yang cukup.
  2. Istirahat dan Tidur yang Cukup

    Istirahat itu sangat penting. Memang kita tidak boleh bermalas-malasan meskipun sedang puasa. Tapi, di sela-sela aktivitas, jangan lupa untuk beristirahat agar tubuh kembali segar.
  3. Batasi Konsumsi Gula

    Saat sahur, batasi konsumsi gula dalam tubuh. Karena, jika terlalu banyak mengkonsumsi gula akan menyebabkan gula darah bisa meningkat tajam. Namun kemudian bisa langsung menurun dan hal ini menyebabkan sakit kepala.
Itulah tips untuk mengatasi pusing tanpa harus membatalkan puasa. Semoga ibadah kita semua diterima oleh Allah Ta'ala dan kita dilancarkan melaksanakan ibadah puasa selama bulan Ramadhan.
Inilah Tips Mengatasi Pusing tanpa Membatalkan Puasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top