Jumat, 10 Juni 2016

Ingin Anak Kuat Berpuasa? Ini Tipsnya!

Melatih anak berpuasa sejak dini adalah hal yang baik. Dengan begitu, anak akan terbiasa untuk menjalankan ibadah puasa. Selain itu, ini akan menjadi kebiasaan hingga ia besar nanti, dimana ia akan rutin berpuasa dan tidak berat ketika menjalankan puasa.

Yang namanya belajar, pasti melalui proses. Melatih anak untuk kuat berpuasa juga bukan proses yang mudah. Kita perlu memberinya motivasi agar mau dan kaut berpuasa. Oleh karena itu, orang tua perlu menerapkan tips ini untuk mengajari buah hati berpuasa.
Mengajari anak berpuasa sejak dini itu sangat baik / Gambar via gulfnews.com

Ingin anak kuat berpuasa? Ini tipsnya :

  1. Jangan pernah membatasi aktivitas fisik anak. Tapi, ubah jadwal aktivitas fisik anak. Misalnya, setiap hari anak selalu bermain dan berolahraga, jadi lakukan aktivitas yang menguras banyak anergi ini di sore hari menjelang berbuka.
  2. Di tiga hari pertama puasa anak pasti masih merasa lemas. Hal ini wajar, karena metabolisme tubuh anak masih menyesuaikan kondisi puasa.
  3. Ajarkan anak untuk berpuasa secara bertahap. Misalnya ketika masih TK, coba beberapa jam puasa atau puasa setengah hari. Ketika sudah masuk kelas 2 atau 3 SD, jika sudah kuat puasa sampai maghrib, maka jangan ragu untuk meminta anak puasa sampai maghrib.
  4. Untuk menghadapi ramadhan dengan berpuasa sebulan penuh, sebaiknya latihlah anak berpuasa sebelum ramadhan. Misalnya ajarkan anak untuk berpuasa Senin Kamis atau puasa sunah lainnya.
  5. Saat anak merasa haus atau lapar, beri dia motivasi supaya kuat puasa. Jangan malah menawarinya untuk berbuka, itu hanya akan membuat pendirian si anak goyah.
  6. Ketika anak berhasil melaksanakan puasa, beri dia pujian atau hadiah, misalnya memberinya game, mengajaknya jalan-jalan, atau hal yang disukai anak.
Puasa ramadhan itu wajib hukumnya dilakukan di bulan ramadhan. Hal ini dapat diterapkan pada anak sejak dini, kecuali anak yang memiliki penyakit kronis sebaiknya tidak menjalankan puasa. Selamat berpuasa bagi yang menjalankan!
Ingin Anak Kuat Berpuasa? Ini Tipsnya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top