Senin, 20 Juni 2016

Hebat! Kucing Tangkap Mangsa dengan Teori Fisika

Siapa tak tahu kucing? Kucing seringkali dijadikan hewan peliharaan oleh manusia, karena selain untuk hobi, kucing juga dapat dijadikan teman. Terlebih jika kucing diperlakukan dengan baik.

Tapi sejatinya, kucing adalah hewan liar. Beberapa spesies kucing hidup di alam liar, dengan insting berburu yang baik. Kucing pun dapat menerkam mangsanya di kegelapan dengan baik, tanpa meleset. Padahal kala itu minim cahaya. Lalu apa yang membuat kucing dapat menangkap mangsanya tersebut?
Kucing menangkap mangsa di malam hari / Gambar via dailymail.co.uk
Baru-baru ini, Kyoto University mengadakan penelitian tentang kucing. Dari hasil penelitian tersebut, mereka menyimpulkan bahwa kucing memahami ilmu fisika, sehingga mereka dapat menangkap mangsa yang tak terlihat olehnya.

Penelitian ini dipublikasikan di Animal Cognition. Dalam artikel yang dipublikasikan di Animal Cognition tersebut mengatakan bahwa kucing menggunakan pemahaman mereka mengenai prinsip 'sebab dan akibat', serta elemen sederhana fisika dalam gaya berburu mereka. Inilah yang membuat mereka dapat menemukan mangsa, meskipun di tempat yang tidak terlihat.

Saho Takagi, penulis utama studi tersebut mengatakan, "Kucing menggunakan pemahaman kausal-logis dari kebisingan atau suara untuk memprediksi munculnya benda tak terlihat."

Untuk membuktikannya, peneliti melakukan penelitian pada 30 kucing peliharaan. Ia merekam gerak kucing ketika mengocok sebuah wadah yang menimbulkan suara.

Penelitian tersebut menggunakan prosedur expectancy violation untuk bertanya apakah kucing bisa menggunakan aturan kausal untuk menyimpulkan keberadaan suatu benda tak terlihat dengan mendengar suara yang dibuat di dalam sebuah wadah dan memprediksi penampilan ketika wadah itu diserahkan.

Itulah mengapa kucing dapat menangkap mangsanya meski di area yang gelap.
Hebat! Kucing Tangkap Mangsa dengan Teori Fisika Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top