Senin, 06 Juni 2016

Hati-Hati! Kelebihan Gizi juga Berbahaya loh!

Kita tahu bahwa setiap manusia memerlukan asupan gizi yang baik, yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Dengan begitu, kesehatan tubuh akan didapatkan. Tapi sayangnya, masih ada juga yang kurang memperhatikan asupan sehingga kekurangan gizi.

Kekurangan gizi itu berbahaya bagi tubuh. Tubuh menjadi lemah dan mudah terserang penyakit. Tapi bukan berarti terlalu banyak gizi itu baik, justru sebaliknya, terlalu banyak gizi juga membahayakan tubuh.
Nutrisi yang cukup agar tidak kekurangan atau kelebihan gizi / Gambar via hdsa.org
Belum banyak orang menyadari bahwa dampak dari kelebihan gizi juga berbahaya. Menurut Dr. dr. Inge Permadhi, MS, SpGK(K), kekurangan gizi sendiri dapat memicu gangguan pertumbuhan dan perkembangan, serta memunculkan kelainan degenerasi.

Hal tersebut juga akan berdampak pada orang yang kelebihan gizi. Dimana kelebihan gizi menyebabkan prevalensi obesitas di Indonesia 15,45 persen, dan obesitas sentral atau penumpukan lemak perut 26,6 persen. Selain itu, obesitas menimbulkan penyakit tidak menular, seperti hipertensi, stroke, jantung koroner, dan diabetes melitus.

Untuk mengetahui indikasi serangan obesitas, perhatikan lingkar pinggang Anda. Bagi wanita, jangan sampai melebihi 80 cm, sedangkan bagi laki-laki jangan sampai melebihi 90 cm.

Ini bisa dijaga melalui pola makan yang tepat dan seimbang. Perbanyak karbohidrat, buah dan sayur, serta tambahkan sedikit lemak nabati atau hewani. Jangan lupa berolahraga sehingga kebugaran dan berat badan tetap terjaga.

Jadi, jangan anggap kelebihan gizi itu baik ya!
Hati-Hati! Kelebihan Gizi juga Berbahaya loh! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top