Rabu, 22 Juni 2016

Di Bulan Ramadhan, Lebih Baik Sholat Sunah atau Membaca Al Qur'an?

Bahagianya kita bisa menyambut bulan suci ramadhan, bulan segala ampunan, buan dimana setiap pahala kita dilipat gandakan dan perbuatan baik kita dinilai ibadah. Kita harus bersyukur dapat menjalani bulan ramadhan dan manfaatkan kesempatan bulan ramadhan ini dengan mencari pahala yang banyak.

Baik sholat sunah maupun membaca Al Qur'an, adalah kegiatan yang baik. Tapi ketika ramadhan, manakah dari kedua kegiatan itu yang lebih utama?
Membaca Al Qur'an salah satu ibadah yang baik / Gambar via muslimforallah.com
Petunjuk Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam pada bulan Ramadhan adalah memperbanyak jenis ibadah. Malaikat Jibril selalu datang kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam pada malam hari di bulan Ramadhan untuk membacakan Al Qur'an.
Beliau pun lebih cepat berbuat kebaikan daripada angin berhembus apabila Malaikat Jibril datang menemui beliau. Beliau adalah orang yang sangat dermawan, dan ketika ramadhan beliau perbanyak shodaqah, amal kebaikan, tilawah Al Qur'an, sholat, dzikir, dan i'tikaf.

Mengenai perbandingan lebih utama sholat sunah atau membaca Al Qur'an, tidak ada patokannya. Semua itu tergantung dari diri masing-masing pribadi yang melakukannya. Perhitungannya pun kita kembalikan pada Allah Ta'ala.
Bisa jadi, bagi seseorang amalan yang lebih utama adalah sholat sunah, karena lebih memberikan pengaruh baik baginya. Bisa jadi, orang lain lebih memberikan pengaruh baik bagi dirinya ketika membaca Al Qur'an.

Yang terpenting, banyak-banyaklah beribadah kepada Allah Ta'ala. Jangan biarkan bulan Ramadhan berlalu begitu saja tanpa kita manfaatkan untuk mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala.
Di Bulan Ramadhan, Lebih Baik Sholat Sunah atau Membaca Al Qur'an? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top