Senin, 27 Juni 2016

Cara Bayar Pajak Online Terbaru 2016

Menurut pengertian yang saya kutip dari website Departemen Keuangan, pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Pajak sangat banyak macamnya, di kota atau kabupaten saja ada Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), pajak hotel, restoran, hiburan, reklame, penerangan jalan, pajak mineral bukan logam dan batuan, pajak parkir, pajak air tanah hingga pajak burung walet. 

Diluar itu, ada juga yang namanya Pph (Pajak Penghasilan), Ppn (Pajak Pertambahan Nilai), pajak barang mewah dan lain-lain. Setiap negara menerapkan aturan tersendiri tentang pajak.
Bayar pajak dengan e-billing / gambar via pajak.go.id

Cara mendaftar pajak secara online terbaru

Tata cara pembayaran pajak secara online ini berlaku untuk Pajak Penghasilan Final sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013. Sekarang ini untuk membayar pajak jadi lebih mudah dan tidak perlu mengantari lama karena adanya billing system. Billing system memudahkan kita membayar pajak secara elektronik. Untuk bisa menikmati layanan billing system, kamu perlu membuat billing ID terlebih dulu. Dengan adanya sistem billing ini, wajib pajak yang termasuk dalam PP No. 46 Tahun 2013 tak perlu repot lagi mengisi SSP (Surat Setoran Pajak) secara manual.

Cara membuat dan membayar pajak dengan billing ID

  1. Klik di http://sse.pajak.go.id (Daftar gratis dan cukup sekali).
  2. Masukkan data pembayaran pajak yang dibutuhkan pada situsi di atas.
  3. Setelah semua data dimasukkan, kamu akan mendapatkan kode billing .
  4. Tunjukkan kode billing ke teller bank persepsi (bank yang ditunjuk untuk bayar pajak). Atau bisa juga ke petugas kantor pos.
Alokasi uang pajak 
Pajak merupakan komposisi utama APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara). Pencatatan administrasi penerimaan pajak negara ini dilakukan oleh Direktoran Jenderal Pajak (DJP). Dana APBN dialokasikan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, diantaranya untuk membangun fasilitas umum yang memadai bagi masyarakat Indonesia melalui pengguna anggaran, yaitu Kementerian/Lembaga Negara dan Pemerintah Daerah.

Manfaat yang didapat dari pajak
  1. Adanya imunisasi
  2. Adanya dana pendidikan (Dana BOS)
  3. Subsidi biaya kesehatan
  4. Subsidi BBM, listrik, peupuk, pangan, benih
  5. Fasilitas & infrastruktur umum, seperti jalan, jembatan, taman, pasar, dll
  6. Pertahanan dan keamanan negara (polisi, TNI)
  7. Subsidi transporatasi umum
Pph Final sesuai PP No. 46 Tahun 2013 ini juga bisa dibayarkan melalui ATM lho. Mungkin di lain waktu akan saya tuliskan di blog ini. Oke, cukup sekian postingan tentang perpajakan hari ini. Kalau kamu belum mengerti tentang Pph No. 46 tahun 2013, kamu bisa baca-baca di sini. Jangan-jangan kamu juga termasuk di dalamnya :) Yuk buruan diurus NPWP nya kalau belum, setelah itu, baru dah ikut membangun negara melalui pajak :)

Warga Indonesia yang baik, bangga bayar pajak!
Cara Bayar Pajak Online Terbaru 2016 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top