Senin, 09 Mei 2016

Unik! Teknologi Gagal ini malah Menginspirasi Munculnya Teknologi Baru!

Dalam setiap perjalanan, pasti menemukan suatu kegagalan. Thomas Alfa Edison saja pernah gagal ratusan kali sebelum akhirnya ia berhasil menemukan bohlam lampu.

Begitu juga dengan teknologi. Teknologi tak selalu mulus lancar diciptakan. Pasti ada juga kegagalan dalam proses pembuatannya. Dan kegagalan itu tak selalu menuai keburukan, bahkan kegagalan ini memunculkan inspirasi bagi penemuan teknologi baru berikutnya.
Smartwatch / Gambar via pcworld.com
Inilah teknologi gagal yang malah menginspirasi munculnya teknologi baru :
  1. Smartwatch

    Sebenarnya jam tangan pintar sudah ada sejak tahun 1970. Produsen komputasi Amerika, HP, menghadirkan jam tangan pintar yang dilabeli Palm pada tahun 2003. Setelah kemunculan Palm, Microsoft mencoba meluncurkan jam tangan pada tahun 2004 yang diberi nama Spot.

    Namun, sejauh itu, jam tangan hanya bisa menghadirkan informasi gelombang radio FM. Dan sekarang, kita sudah tahu bahwa jam tangan pintar kian membaik. Terbukti dengan adanya smartwatch yang kita lihat sekarang ini, tak hanya untuk menunjukkan waktu, tapi juga bisa untuk browsing di internet.
  2. Clippy

    Clippy atau Clippit adalah sistem pertama kantor yang dibuat oleh Microsoft yang ada ketika pengguna menjalankan aplikasi Microsoft Office 2007. Clippy memudahkan pengguna untuk memasukkan gambar ke dalam tulisan dan membantu melakukan pengetikan di surat yang dibuat pengguna.

    Tapi kini, Microsoft menghadirkan versi baru dan Clippy akhirnya ditutup. Tapi kabarnya, sistem yang ada pada Clippy tetap dipakai oleh asisten baru yang dikembangkan, yaitu Cortana.
  3. Mini Disc

    Mini disc populer di tahun 90-an hingga awal 2000an. Mini disc ini digunakan untuk memutar beragam musik dalam format file mp3. Seiring berkembangnya zaman, orang jarang menggunakan mini disc lagi dan beralih ke iPod dan MP3 player.
  4. Garmin Nuvifone

    Yaitu perangkat navigasi yang banyak menjadi favorit pengguna. Salah satu alasannya adalah karena aplikasi ini gratis. Kepopulerannya pada 2008 diyakini sebagai produk yang menginspirasi smartphone untuk menanamkan sistem navigasi.
  5. Apple Newton

    Apple Newton adalah produk yang difungsikan sebagai perangkat komputasi mobile yang ringan. Di dalamnya terdapat fitur seperti kalender, kalkulator, konversi mata uang, pengatura nzona waktu, dan lainnya. Produk ini diyakini sebagai pelopor kehadiran iPad saat ini dan memiliki fungsi yang sama seperti iPad dan iPhone.
Itulah produk-produk gagal yang sebenarnya menjadi inspirasi munculnya produk baru. Jadi, jangan sia-siakan hal yang gagal, karena mungkin nanti akan menjadi inspirasi munculnya hal baru.
Unik! Teknologi Gagal ini malah Menginspirasi Munculnya Teknologi Baru! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top