Minggu, 29 Mei 2016

Unik! Sekarang Kita Bisa Absen di Kelas dengan Sepatu!

Absen itu perlu, untuk menandakan kehadiran dalam suatu kegiatan. Absen pasti ada di kelas, perkantoran, atau pada rapat agar orang-orang yang hadir dapat diketahui.

Absen dulunya dilakukan dengan manual, yaitu dengan memberi tanda chek list pada kolom di daftar nama. Lambat laun, proses absensi menjadi maju, kemudian dengan tanda tangan di daftar, menempelkan kartu, absen dengan jari, atau dengan mata.
Sepatu absensi / Gambar via m.galamedianews.com
Ternyata, semua itu masih kalah keren dengan metode absen yang satu ini, yaitu dengan sepatu. Sepatu yang diinjakkan sang pemilik di keset sekaligus dapat absen kehadirannya.

Ini adalah inovasi dari metode absen yang dibuat oleh siswa SMK Bandung Selatan, Cibaduyut, Bandung. Cara absennya pun cukup mudah, kita hanya tinggal menginjakkan kaki pada keset dan identitas kita akan muncul.

Hal ini dikarenakan sensor chip yang disimpan di dalam sepatu dan juga di keset atau ubin tempat keset itu diletakkan. Ada database yang terhubung antara chip di sepatu dengan komputer.

Sadad Illahi, salah satu siswa yang merancang Sepatu Absensi ini mengatakan bahwa teknologi ini dapat mempermudah absen tanpa harus mengantre. Dan tidak harus dipanggil satu per satu atau tanda tangan bergantian untuk absen.

Saat ini, harga keset beserta chip, database, dan sepatu, dibanderol seharga Rp 1 juta. Memang masih mahal, karena pembuatannya pun tak semudah itu. Namun, meski dipasangi chip, sepatu ini tetap tahan air dan chip tidak rusak.

Sadad dan kawan-kawan memiliki ide seperti ini dikarenakan latar belakang keluarga yang memproduksi sepatu. Mereka juga ingin mengangkat produk lokal dalam persaingan MEA. Oleh karena itu, sepatu yang digunakan pun adalah produk lokal.

Saat ini, Sepatu Absensi disupport oleh perajin sepatu yang cukup besar di Cibaduyut, yaitu Garsel. Sadad berharap semoga kedepannya ada merek sepatu lain yang mau bekerja sama.

Makin kreatif saja ya anak-anak Indonesia!
Unik! Sekarang Kita Bisa Absen di Kelas dengan Sepatu! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top