Jumat, 27 Mei 2016

Unik! Ini Cara Mudah Nyalakan Lampu dengan SMS!

Apa yang kamu lakukan ketika akan menyalakan atau mematikan lampu? Tentunya menekan tombolnya bukan?

Itu adalah cara konvensional yang kadangkala orang malas melakukannya. Yang baru, ada jenis lampu otomatis, jadi ketika lingkungan di sekitarnya gelap maka lampu otomatis menyala. Itupun masih ada yang lebih canggih lagi, yaitu dengan SMS!
Menyalakan dan mematikan lampu cukup dengan sms saja / Gambar via en.wikipedia.org
Ya! Dengan hanya mengirim SMS, lampu dapat menyala. Ini merupakan terobosan baru buatan anak SMU Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo. Siswa jurusan IPA dan IPS ini dapat merakit komponen untuk menyalakan lampu melalui sms.

Alat-alat ini dibuat dengan menghabiskan biaya tak lebih dari Rp 500.000. Komponen itu terdiri dari printed circuit board atau PCB, yang digunakan sebagai wadah komponen elektronika. Selain PCB, ada juga modem untuk mengantarkan sms, serta serial yang menjadi penghubung antara Micro dan Modem. Komponen lain yang juga dibutuhkan adalah transistor, kapasitor kristal, serta tombol on dan off.

Setelah dirakit, kita bisa langsung menghidupkan dan mematikan lampu dengan cara sms. dengan mengirim sms on9 ke nomor operator di modem, lampu listrik sudah bisa dihidupkan. Sedangkan jika mengirim of9, maka daya listrik akan mati. Tarif dalam sekali sms menyesuaikan dengan operator yang digunakan dalam modem tersebut.

Ide menciptakan cara menghidupkan dan menyalakan lampu dengan sms ini muncul karena mereka melihat lampu yang ada di ruang kelas mereka sering menyala meski tidak digunakan. Jadi, agar tidak terjadi pemborosan listrik mereka menyarankan adanya sms lampu ini.

Hebat ya readers karya anak bangsa ini!
Unik! Ini Cara Mudah Nyalakan Lampu dengan SMS! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top