Kamis, 12 Mei 2016

Tips Merawat Barang Elektronik agar Nyaman Digunakan

Perkembangan teknologi mengharuskan kita untuk mengikuti alurnya. Dengan adanya teknologi, pekerjaan kita menjadi lebih mudah. Terlebih dengan adanya alat-alat elektronik yang menemani keseharian kita.

Banyak sekali alat-alat elektronik yang ada di ruangan kita. Tentu saja setiap harinya kita gunakan untuk membantu aktivitas kita. Memiliki alat elektronik haruslah dirawat agar tahan lama dan performanya baik.

Inilah tips merawat barang elektronik agar nyaman digunakan :
  1. AC (Air Conditioner)

    Ketika AC sudah terasa tak dingin lagi, itu tandanya AC perlu dibersihkan. Awalnya, siapkan kuas ukuran sedang, sikat gigi yang sudah tak terpakai, obeng plus dan min, selang air, gayung, ember, detergen pencuci pakaian, serta lakban untuk menutup saklar listrik yang terbuka, dan terakhir adalah tangga karena kita akan memanjat AC.

    Sebelum membersihkan AC, matikan dulu sumber listrik yang terhubung dengan AC. Setelah semua siap, mulailah membersihkan bagian outdoor.
    AC / Gambar via bekoklimaservisi.net
    Pertama-tama, bersihkan debu-debu yang menempel dengan kuas. Sikat untuk menjangkau debu-debu yang tidak bisa dijangkau dengan kuas. Di bagian ini, jangan gunakan air terlebih dahulu. Yang terpenting, debu-debu dihilangkan dahulu.

    Selanjutnya untuk bagian dalam, baru menggunakan air dan detergen. Isi ember dengan air dan detergen. Buka penutup outdoor yang terbuat dari plastik yang dikait oleh 2 baut atau tergantung merek AC nya. Ambil air dengan gayung, kemudian siramkan ke kisi-kisi AC dari sisi depan. Tak perlu melepaskan fan.

    Siramkan agak kuat dari arah kiri dan ke depan. Siram sampai air yang jatuh tidak keruh lagi. Kemudian yang terakhir adalah pembilasan, disiram tanpa menggunakan detergen.
  2. Kipas Angin

    Pertama-tama, bukalah penutup kipas, baik penutup depan maupun penutup belakang. Buka penutup belakang hingga motor kipas angin bisa dikeluarkan. Lalu, bersihkan motor dengan kuas. Jika bisa melepas baut di kuas, lepaskan saja, tapi jika tidak lebih baik tidak usah melepaskan baut karena jika salah akan berakibat fatal pada kipas.

    Setelah itu, beri pelumas pada motor. Pastikan as bisa berputar dengan lancar dan tidak ada beban gesekan. Jika masih seret, bisa diberi pelumas lagi.

    Jika bisa membuka baut pada bagian belakang, kamu bisa memberikan oli pada bosing. Ingat, ketika kamu membuka bagian belakang, jangan sampai ada kabel yang putus. Teteskan oli secukupnya pada sekeliling bosing.
    Kipas angin / Gambar via buyelectric.com
    Setelah pelumasan selesai, tinggal dirangkai kembali kipas angin satu per satu. Kencangkan mur dan baut, serta coba memutar as-nya, apakah sudah enteng atau belum. Kalau belum enteng, coba ketok-ketok pakai palu secara perlahan pada bagian badan tengah, depan, dan belakang, hal ini bertujuan agar kedudukan as dan bosing depan dan belakang sejajar sehingga putaran as lancar.

    Setelah semua lancar, cobalah dengan listrik terlebih dahulu sebelum memasang semua perangkat. Pastikan speed maupun swim sudah bagus dan berjalan dengan baik. Jadilah kipas anginmu memiliki performa yang lebih baik.
  3. Kulkas

    Untuk membersihkan kulkas, pertama kali yang harus dilakukan adalah mengosongkan isi kulkas. Kemudian, bersihkan bagian dalam kulkas sampai kering. Jika ada noda bekas tumpahan makanan atau minuman, bersihkan dengan air hangat.

    Jika nodanya membandel, gunakan pasta gigi dan gosok sampai bersih. Pada kulkas satu pintu, di bawah freezer terdapat tempat penampungan air. Air tersebut akibat kumparan freezer yang menetes. Cara membersihkannya adalah dengan melepas tempat penampungan air, kemudian buang air tersebut.

    Lalu usapkan lap kering sampai bersih, kemudian ambil air panas secukupnya dan tuangkan ke dalam tempat penampungan air tersebut, kemudian diamkan selama 5 sampai 10 menit. Jika sudah, buang air tersebut dan lap kembali sampai kering. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bakteri dan jamur pada tempat penampungan air tersebut.
    Kulkas / Gambar via fromhiptohousewife.com
    Kulkas zaman sekarang telah memiliki sistem pencairan otomatis, dimana bunga es di freezer dapat otomatis terlepas. Tapi jika tidak ada, kamu bisa matikan kulkas hingga bunga es mencair atau terlepas dengan sendirinya. Jangan gunakan benda tajam agar tidak melukai komponen pendinginnya.

    Setelah semua bersih, jangan langsung menaruh makanan atau minuman di dalam kulkas. Nyalakan dulu kulkas selama 1 atau 2 jam dalam keadaan kosong, hal ini bertujuan agar makanan dan minuman tidak bau pasca pembersihkan kulkas.

    Setelah kulkas dingin dan normal, barulah masukkan makanan dan minuman ke dalamnya. Ingat, kamu juga harus bisa memanage makanan dan minuman yang akan dimasukkan ke dalam kulkas, jangan asal memasukkan ya.
Itulah tips merawat barang elektronik agar nyaman digunakan dan performanya menjadi baik. Selamat mencoba!
Tips Merawat Barang Elektronik agar Nyaman Digunakan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top