Jumat, 13 Mei 2016

Stop! Jangan Sholat di Waktu Terlarang ini!

Sholat merupakan tiang agama. Sebagaimana tiang pada rumah, jika sholat ditegakkan maka akan kokoh juga agama kita. Di dalam agama Islam, kita wajib menunaikan sholat sebanyak lima waktu dalam sehari, yang semua itu sudah ditetapkan waktunya.

Selain sholat wajib, ada juga sholat sunnah. Sholat sunnah ada bermacam-macam dan dapat dikerjakan kapan saja. Tapi, tidak semua waktu bisa digunakan untuk melakukan sholat. Ada waktu-waktu dimana kita tidak boleh melakukan sholat apapun. Kapan saja itu?
Perhatikan waktu larangan mengerjakan sholat / Gambar via islam.com.kw
Inilah waktu terlarang menunaikan sholat :
  1. Setelah Sholat Subuh sampai Matahari Terbit

    Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Lakukanlah sholat Subuh kemudian janganlah ngkau sholat sampai matahari terbit dan meninggi, karena sesungguhnya ia terbit diantara dua tanduk setan dan saat itu orang-orang kafir bersujud kepadanya." (HR. Muslim)
  2. Ketika Matahari Terbit sampai Seukuran Satu Tombak

    Dalam hal ini juga dijelaskan seperti hadits poin pertama.
  3. Ketika Matahari Tepat di atas Kepala sampai Condong ke arah Barat

    Mengenai hal ini, dijelaskan lanjutan hadits dari poin sebelumnya, "Kemudian lakukanlah sholat karena sholat ketika disaksikan dan dihadiri oleh para maikat sampai bayangan matahari sama dengan tingginya sebuah tongkat kemudian janganlah engkau sholat saat itu karena saat itu neraka jahanam menyala-nyala." (HR. Muslim)
  4. Setelah Sholat Ashar sampai Matahari Terbenam

    "Jika bayangan matahari telah condong ke arah timur maka sholatlah sesungguhnya sholat yang dilakukan saat itu dihadiri oleh para malaikat sampai engkau melakukan sholat ashar janganlah engkau sholat sampai matahari terbenam karena sesungguhnya terbenam diantara dua tanduk setan dan saat itulah orang-orang kafir bersujud kepadanya." (HR. Muslim)
Tapi, larangan sholat di waktu itu hanyalah untuk sholat sunnah mutlak, yaitu sholat sunnah yang tidak ada sebab tertentu. Ketika sholat sunnah karena sebab tertentu, melakukannya di waktu terlarang itu tetap diperbolehkan.

Misalnya, sholat tahiyatul masjid dan sholat setelah wudhu. Lalu sholat sebelum melaksanakan sholat Jumat juga diperbolehkan meskipun saat itu masuk waktu dilarang sholat. Mengqadha sholat di waktu terlarang itu juga diperbolehkan.

Dan ketika di Mekah, kita dapat melakukan sholat kapan saja. Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Wahai Bani Abdi Manaf janganlah kalian melarang seorang pun melakukan tawaf di Baitullah dan melakukan sholat kapan saja baik siang maupun malam." (HR. Tirmidzi)

Wallahu a'lam bish shawab.
Stop! Jangan Sholat di Waktu Terlarang ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top