Minggu, 01 Mei 2016

Shaf Sholat Memperlihatkan Pergaulan Kita

Ketika sudah masuk waktu sholat, sudah seharusnya kita sebagai umat muslim segerala melaksanakan sholat. Sholat yang paling baik adalah sholat dengan berjamaah. Tapi, tak semua sholat berjamaah itu langsung diterima.

Dalam praktiknya, ada hal-hal yang harus dilakukan dalam sholat berjamaah. Hal itu meliputi syarat-syarat sholat yang menjadikan sholat kita diterima.
Shaf adalah cerminan pertemananmu / Gambar via kids.britannica.com
Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Luruskanlah shaf-shaf kalian, karena meruskan shaf termasuk kesempurnaan sholat!." (HR. Al Bukhori)

Shaf merupakan salah satu syarat diterimanya sholat kita. Kita harus meluruskan shaf kita dan jarak antara orang di sebelah kita harus berdekatn. Karena jika tidak, setan akan mengisinya dan menghasut kita ketika sholat.

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Luruskan shaf kalian, jadikan setentang diantara bahu-bahu, dan tutuplah celah-celah yang kosong, lunaklah terhadap tangan saudara kalian dan jangan kalian meninggalkan celah-celah bagi syaithon. Barangsiapa menyambung shaf maka Allah Ta'ala menyambungkannya, dan barangsiapa yang memutuskan shaf maka Allah Ta'ala akan memutuskannya." (HR. Bukhori, Abu Dawud No. 666)

Tapi kini, kita sholat menyesuaikan dengan sajadah yang kita pakai. Bukan lagi berpatokan pada bahu dan mata kaki. Jadi, mereka yang memiliki sajadah lebar jaraknya lebih jauh dari orang di sebelahnya.

Hal ini tidak seperti apa yang terjadi di zaman Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, dimana mereka meluruskan shaf dengan benar-benar lurus. Sejajar dengan bahu dan mata kaki.

Seperti halnya pergaulan manusia zaman sekarang ini, dimana antar umat Islam saja terjadi kotak-kotak yang memisahkan antara satu dengan yang lainnya. Tak jarang, antar umat Islam sendiri terjadi permusuhan.

Marilah berkaca kembali pada diri kita. Apa yang telah kita lakukan selama ini apakah telah baik atau belum. Dimulai dari shaf sholat, mari kita perbaiki hubungan pertemanan dengan orang lain.

Shaf Sholat Memperlihatkan Pergaulan Kita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top