Minggu, 08 Mei 2016

Menggunakan Smartphone saat Hujan, Berbahayakah?

Tentu sudah tidak asing lagi bagi kita mengenai smartphone. Masing-masing orang kebanyakan sekarang ini punya minimal satu smartphone. Smartphone sudah seperti kebutuhan hidup manusia yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan sehari-hari.

Menjadikannya kebutuhan hidup membuat orang susah terlepas dari smartphone. Maunya memegang smartphone terus. Tapi, menggunakan smartphone ketika hujan disertai petir itu berbahaya. Apakah benar?
Menggunakan handphone ketika hujan / Gambar via shutterstock.com
Belakangan, masyarakat meyakini bahwa orang yang menggunakan smartphone ketika hujan petir itu sangat berbahaya. Mereka menganggap bahwa menggunakan smartphone ketika hujan dan petir akan membuat orang tersebut tersambar petir.

Namun, ketika diteliti dengan sains, menggunakan smartphone ketika hujan disertai petir itu tak masalah. Memang, orang yang sedang berada di luar rumah ketika hujan dan petir berisiko tersambar petir, hanya saja itu terjadi ketika orang tersebut berada di tanah tinggi, ruang terbuka, di dekat air atau struktur logam besar, atau pohon.

Hal ini terjadi karena hal tersebut mengandung logam yang dapat mengundang petir menyambar. Di dalam smartphone ataupun ponsel yang lain tidak dapat mengakibatkan orang tersambar petir, karena di dalam ponsel tidak terkandung logam dengan jumlah yang signifikan.

Orang yang tersambar petir dan kebetulan menggunakan ponsel itu tersambar bukan karena smartphone, melainkan karena hal lain. Misalnya ia berada di tanah lapang, di dekat pohon, atau tempat yang berpotensi terkena sambaran petir.

Jadi mulai sekarang, jangan takut lagi menggunakan handphone saat hujan dan petir. Tentunya kamu juga harus memperhatikan tempat dimana kamu menggunakannya ya.
Menggunakan Smartphone saat Hujan, Berbahayakah? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top