Kamis, 19 Mei 2016

Mau Bermain Arung Jeram Mini? Datang saja ke Kalipucung!

Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata arung jeram? Pasti banyak yang mengira ini tergolong kegiatan ekstrim, karena kita harus menyusuri sungai dengan derasnya aliran sungai. Belum lagi kita harus menghindari bebatuan terjal dan tak jarang perahu terbalik sehingga kita tercebur di sungai.

Hal ini sedikit mengecewakan karena dengan begini, tak semua kalangan bisa menikmati arung jeram. Tapi tenang, ada alternatif arung jeram bagi kamu yang tidak bisa berenang. Arung jeram ini tidak menyurusi sungai yang airnya deras, melainkan aliran air yang tenang.
Arung jeram Kalipucung / Gambar via YouTube dodik gendro
Di Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, tepatnya di Dusun Jlono, Desa Kemuning, dibuka wisata baru yang menawarkan arung jeram aman bagi semua kalangan. Arung jeram ini adalah Tubing Kalipucung. Arung jeram disini sangat aman, karena alirannya yang tenang dan sungainya dangkal.

Disini, pengunjung dapat memilih rute susur sungai, yaitu 800 meter atau 1,2 kilometer, dengan biaya Rp 15 ribu untuk 800 meter dan Rp 25 ribu untuk 1,2 kilometer. Selain menikmati tenangnya arus sungai, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan pegunungan dan hijaunya kebun teh di kanan kiri sungai.

Arung jeram di Kalipucung ini merupakan wisata buatan hasil dari pemberdayaan warga desa Kemuning sendiri. Para pemuda memanfaatkan potensi alam yang ada hingga menjadi tempat wisata primadona yang juga mengedukasi.

Kini, arung jeram bukan lagi hal yang menakutkan ataupun berbahaya. Jika sedang berada di Solo, sempatkan mampir ke Karanganyar dan mencicipi arung jeram di Kalipucung ini.

Selamat berlibur!
Mau Bermain Arung Jeram Mini? Datang saja ke Kalipucung! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top