Senin, 30 Mei 2016

Keren! Inilah Kereta Api Unik yang Jarang Kita Ketahui! Di Indonesia ada tidak ya?

Kereta api merupakan salah satu transportasi populer di seluruh dunia, termasuk juga di Indonesia. Sudah sejak zaman dahulu kereta api digunakan untuk bepergian jauh. Bahkan hingga ber mil-mil jauhnya. Kereta api banyak diminati karena kapasitas penumpangnya yang banyak, ketepatan waktunya yang besar, serta lokomotifnya yang luas.

Dulunya, kereta api dijalankan dengan bahan bakar kayu atau batu bara, sehingga menimbulkan uap hitam di udara yang biasa disebut dengan kereta uap. Tapi sekarang, kereta api uap sudah sangat jarang digunakan, paling hanya untuk angkutan di museum. Kini, sudah banyak kereta api yang modelnya lebih canggih dan tentunya lebih keren. Seperti apa bentuknya?

Inilah kereta api unik yang jarang kita ketahui :
  1. Aeromovel

    Sesuai dengan namanya, aero, kereta api aeromovel ini menggunakan tenaga pendorong berupa udara. Dengan begitu, kereta api ini bergerak dengan udara. Prinsip kerjanya hampir sama dengan kapal layar, tapi di aeromovel prinsip kerja layar pada kapal layar berada pada sirip yang ada di bawah kereta yang didorong oleh terowongan angin di bawahnya.
    Aeromovel / Gambar via copa2014.gov.br
    Jadi, rel kereta merangkap sebagai terowongan udara. Selain tidak menimbulkan pencemaran udara, kereta api ini juga tidak menimbulkan suara bising. Dan di Indonesia juga telah ada kereta api aeromovel, namun sayang tidak dioperasikan.

    Kereta api aeromovel Indonesia berada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Aeromovel ini diberi nama Titihan Samirono, dengan panjang lintasan 3,2 km, dengan kecepatan maksimum 60 km/jam.
  2. Rubber Tyred Train

    Rubber Tyred Train / Gambar via wired.com
    Rubber tyred train merupakan kereta api yang bergerak dengan paduan roda dan rel. Roda yang digunakan menggunakan ban karet, yang setiap bantalannya diberi pembatas sehingga kereta berjalan tidak keluar jalur. Kereta api ini memiliki keuntungan berupa perjalanan yang terasa lebih nyaman, akselerasi lebih cepat, dan jarak pengereman lebih pendek.
  3. Suspension Railway

    Suspension railway / Gambar via doseng.org
    Suspension railway atau kereta api gantung masih jarang digunakan oleh banyak negara. Baru Jepang yang memiliki teknologi kereta api ini, yaitu Chiba Urban Monorail dengan panjang lintasan 15,2 km. Suspension railway memang kereta yang unik, sebab kereta ini menggantung, bukan bagian bawah yang berada pada rel melainkan bagian atap. Wow ngeri-ngeri sedap ya!
  4. Bilevel Railcar

    Bilevel railcar / Gambar via ti.org
    Bilevel railcar merupakan jenis kereta api yang memiliki dua lantai, oleh karena itu sering disebut dengan double-decker coach. Dengan keunggulan ini, bilevel rail car dapat menjadi masalah kapasitas pada kereta api. Tapi, rel juga harus dibuat lebih kuat untuk menampung beratnya penumpang dari bilevel rail car ini.
  5. Maglev Train

    Maglev adalah singkatan dari magnetically levitated, karena kereta api ini menggunakan gaya magnet agar dapat bergerak. Maglev mengambang sekitar 10 cm di atas lintasannya untuk mengurangi gaya gesek. Gaya magnet ini juga digunakan sebagai pendorong.
    Maglev train / Gambar via toptenplus.com
    Kecepatan paling tinggi yang dimiliki maglev mencapai 603 km/jam, dan itu merupakan maglev buatan Jepang. Sayangnya, kereta api maglev ini masih jarang digunakan secara komersial karena harganya sangat mahal. Hmm, nggak kebayang ya berapa harga tiketnya untuk sekali jalan?
Unik ya readers? Coba saja Indonesia mengoperasikan salah satu dari kelima kereta api itu!
Keren! Inilah Kereta Api Unik yang Jarang Kita Ketahui! Di Indonesia ada tidak ya? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top