Senin, 09 Mei 2016

Manusia sama dengan Binatang jika tidak Mempan dengan Hal ini!

Manusia dikatakan lebih baik dari hewan. Secara fisik dan akal memang manusia lebih baik. Tapi, tak selamanya manusia itu lebih baik dari binatang dan tak selamanya binatang itu memiliki sifat yang buruk.

Terkadang, manusia itu lupa akan kewajiban dan kebaikan. Mereka melupakan apa yang sudah diperintahkan oleh Allah Ta'ala. Malah mereka melakukan hal yang dilarang oleh Allah Ta'ala.
Ilustrasi bertaubat dari dosa / Gambar via blog.dawntravels.com
Ketika larangan itu dilakukan, tentu saja manusia sudah masuk ke dalam jurang dosa. Dosa dilakukan tanpa adanya rasa bersalah dalam diri, itu yang berbahaya.

Ketika kita berbuat banyak kebaikan, maka dosa yang masuk akan susah. Dan sebaliknya, ketika kita lebih banyak berbuat dosa daripada kebaikan, maka kebaikan pun akan susah masuk ke dalam diri. Dan setan akan selalu menjerumuskan manusia dan menggoda manusia di segala waktu.

Ketika dorongan berbuat dosa dan maksiat mendesak-desak, ajaklah jiwamu untuk berbicara dengan tiga hal ini. Jika tiga hal ini tidak mempan, Syeikh Musthafa as-Siba'i mengatakan, "Saat itu juga, engkau sudah berubah menjadi binatang!."

"Apabila jiwamu berambisi untuk melakukan kemaksiatan, maka ingatkanlah jiwamu akan Allah Ta'ala. Kedua, apabila itu (peryataan pertama) tidak mempan, maka ingatkanlah ia (jiwa) akan akhlak para orang sholeh.

Terakhir, jika itu (hal pertama dan kedua) tidak mempan, maka ingatkanlah ia akan buruknya jika aibmu diketahui oleh banyak orang. Dan apabila itu (ketiga hal di atas) tidak mempan pula, maka ketahuilah bahwa saat itu juga, engkau sudah berubah menjadi binatang!," pungkas sang Syeikh.

Hati-hati ya readers, jangan sampai kita disamakan dengan keburukan binatang karena tingkah laku kita.
Manusia sama dengan Binatang jika tidak Mempan dengan Hal ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top