Selasa, 17 Mei 2016

Inilah Normalnya Buang Air Kecil dalam Sehari

Buang air kecil adalah hal yang biasa dilakukan. Dalam sehari, orang bisa buang air kecil berkali-kali. Apalagi jika banyak minum, pasti buang air kecil yang dilakukan pun semakin banyak juga.

Tapi, ada juga orang yang meskipun banyak minum air, tidak banyak buang air kecil. Bahkan ada yang dalam sehari hanya buang air kecil tak lebih dari lima kali. Frekuensi yang berbeda-beda untuk setiap orang ini menimbulkan pertanyaan berapakah sebenarnya frekuensi normal buang air kecil dalam sehari.
Toilet / Gambar via wanderlustandlipstick.com
Mengenai hal ini, asisten Profesor Urologi dari Rumah Sakit Mount Sinai di New York, Neil Grafstein, MD, menjelaskan mengenai frekuensi buang air kecil ini.

Dr. Grafstein mengatakan bahwa kebanyakan orang buang air kecil sebanyak 4-7 kali dalam sehari. Ini dipengaruhi oleh cairan yang dikonsumsi. Misalnya kafein yang membuat buang air kecil lebih sering. Sensitivitas kandung kemih juga berpengaruh.

Ada yang jika kandung kemihnya sudah banyak baru ingin buang air kecil, ada juga yang baru terisi sedikit tapi sudah ingin buang air kecil. Selama tidak memiliki masalah inkontinensia, melatih kandung kemih untuk menunda buang air kecil perlu dilatih. Sehingga kamu ke belakang jika kandung kemih sudah benar-benar terisi penuh.

Melatih untuk menunda buang air kecil bukan berarti harus menahannya terus menerus. Tahan jika belum terlalu ingin, tapi jika sudah sangat ingin buang air kecil maka buanglah, jangan lagi ditahan. Menahan buang air kecil sampai sakit tidak boleh dilakukan dengan sering. Ini dapat menyebabkan infeksi kandung kemih.

Jika rasa buang air kecil sering dialami saat tidur di malam hari, coba catat siklus hidrasi kamu dalam sehari. Apa saja cairan yang kamu minum di malam hari, misalnya kamu minum kopi di malam hari dan itu menyebabkan kamu terbangun di malam hari untuk buang air kecil.

Maka ubah pola ini dan ganti cairan yang kamu konsumsi, misalnya menggantinya dengan air putih. Dengan begitu, istirahatmu tidak terganggu karena ingin buang air kecil.

Warna air seni juga dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti makanan dan minuman yang dikonsumsi. Warna air seni juga dapat menunjukkan status hidrasimu. Jika warnanya bening maka kamu cukup cairan dan jika warnanya pekat, itu tandanya kamu kurang cairan. Segeralah perbanyak konsumsi cairan dengan minu air putih.

Itulah hal mengenai buang air kecil yang banyak ditanyakan oleh orang.
Inilah Normalnya Buang Air Kecil dalam Sehari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top