Senin, 16 Mei 2016

Inilah Mengapa Kamu Harus Mengkonsumsi Makanan Fermentasi

Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan makanan fermentasi, seperti yogurt, keju, tape, atau makanan Jepang yang terkenal yaitu natto. Rasanya yang asam dan mungkin aneh membuat makanan fermentasi tak selalu digemari oleh orang.

Tapi ternyata, kamu harus sering mengkonsumsi makanan fermentasi. Karena dibalik rasa fermentasi yang asam itu, tersimpan banyak manfaat bagi tubuh.
Makanan fermentasi / Gambar via articles.mercola.com
Inilah mengapa kamu harus mengkonsumsi makanan fermentasi :
  1. Memobilisasi Sistem Kekebalan Tubuh

    Sistem kekebalan tubuh akan lebih kuat ketika kita mengkonsumsi makanan fermentasi. Karena, ada bakteri baik yang terkandung dalam makanan fermentasi yang mampu melawan bakteri buruk. Karena hal ini pula, kamu tidak akan mudah terserang flu jika mengkonsumsi makanan fermentasi.
  2. Mencegah Kanker

    Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition, menunjukkan bahwa makanan fermentasi mampu mencegah kanker. Keju fermentasi dapat mengurangi risiko kanker prostat sebanyak 35 persen karena mengandung vitamin K2.
  3. Menjaga Kesehatan Usus

    Diet dengan makanan fermentasi perlu dicoba. British Dietetic Association menyarankan menambahkan makanan fermantasi pada menu diet karena makanan fermentasi dapat mencegah bakteri jahat dan menjaga usus tetap sehat karena pencernaan yang sehat.
  4. Memaksimalkan Nutrisi

    Jika ingin membentuk otot, Journal of Science menyarankan untuk mengkonsumsi makanan fermentasi. Karena probiotik dalam sayuran yang difermentasi membantu mencerna dan menyerap nutrisi ke dalam tubuh.
Mulai biasakan mengkonsumsi makanan berfermentasi agar tubuh tetap sehat ya!
Inilah Mengapa Kamu Harus Mengkonsumsi Makanan Fermentasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top