Selasa, 24 Mei 2016

Inilah Cara Menulis Aksara Jawa di Microsoft Word

Indonesia memiliki keragaman budaya, bahasa, adat istiadat, dan segalanya. Mulai dari Sabang sampai Merauke, ada ribuan bahasa daerah yang dimiliki oleh Indonesia. Salah satu budaya bahasa di Indonesia adalah Bahasa Jawa.

Bahasa Jawa kini sudah tidak asing lagi bagi orang di luar Jawa. Karena arus modernisasi membuat bahasa Jawa mudah dikenal dan tak hanya orang Jawa saja yang mempelajarinya, tapi juga orang dari luar Jawa.
Dengan menginstall aplikasi, tulisan ini bisa kamu buat dengan Microsoft Word / Gambar via en.wikipedia.org
Berbicara mengenai Bahasa Jawa, tak lepas juga dari huruf Jawa atau aksara Jawa. Aksara Jawa ini biasa disebut dengan huruf Pallawa, yang terdiri dari 20 huruf, yaitu Ha Na Ca Ra Ka, Da Ta Sa Wa La, Pa Dha Ja Ya Nya, Ma Ga Ba Tha Nga.

Mungkin kamu adalah seorang guru Bahasa Jawa yang akan menulis dengan huruf Jawa di Microsoft Word, atau mungkin kamu adalah seorang penggiat budaya Jawa yang akan menulis huruf Jawa dengan Microsoft Word. Tapi sayangnya, pada Microsoft Word tidak bisa langsung membuat huruf Jawa.

Untuk dapat menulis huruf Jawa di Microsoft Word, yang harus kamu lakukan adalah menginstall font Hanan atau huruf Pallawa di laptop atau komputer. Setelah diinstall, font ini akan langsung masuk pada pilihan font di Microsoft Office.

Jika ingin menulis aksara Jawa, kamu tinggal pilih font tersebut. Jika ingin membuka file yang telah kamu buat dengan aksara Jawa ini di komputer atau laptop lain, agar terbaca kamu harus menginstall aplikasi yang sama pada komputer atau laptop yang akan digunakan.

Selamat mencoba!
Inilah Cara Menulis Aksara Jawa di Microsoft Word Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top