Selasa, 03 Mei 2016

Hebat! Singkong Pengganti Bahan Bakar Avtur Pesawat Temuan Anak Indonesia!

Telah kita ketahui bahwa bahan bakar pesawat terbang adalah avtur. Avtur adalah bahan bakar jenis khusus yang berasal dari minyak bumi dan digunakan untuk bahan bakar pesawat.

Avtur termasuk ke dalam bahan bakar minyak dan harganya sangat mahal. Tapi, begitu mengejutkan temuan dua orang siswa SMA ini yang bisa mengolah singkong menjadi bahan bakar pesawat terbang pengganti avtur.
Suprihatin, Raafi, dan dosen pembimbing di Georgia / Gambar via terbaru.us
Dialah Suprihatin dan Raafi Jaya Sutrisna, siswa SMA PGRI 2 Kayen, Pati, Jawa Tengah. Kedua siswa ini berhasil menemukan komponen komposit dari kulit singkong dan serat pohon pisang yang terbukti bisa digunakan untuk bahan bakar pesawat terbang, kapal, dan otomotif.

Hal ini membuat ahli fisika dan peneliti dunia tercengang. Betapa tidak, karya anak SMA ini dapat mengalahkan peneliti-peneliti muda dari 35 negara, diantaranya Amerika Serikat, Bosnia, Ukraina, Vietnam, Turki, Swiss, Malaysia, Yordania, Denmark, Filipina, Mesir, Jerman, Romania, Pakistan, India, Irak, Slovakia, Thailand, Uganda, Albania, Belarus, dan negara lainnya.

Penemuan luar biasa ini akhirnya dapat membuat Raafi dan Suprihatin meraih medali emas di ajang International Young Inventors Project Olympiad (IYIPO) di Georgia pada 24 April 2016. Penelitian ini terinspirasi karena di daerah tempat mereka tinggal terdapat banyak sekali limbah singkong bekas pembuatan tapioka, untuk serat pisang sendiri bisa dengan mudah diperoleh karena di Indonesia sangat melimpah pohon pisang.

Dalam pertandingan IYIPO, kedua siswa ini mengambil penelitian tentang karbon aktif singkong dan serat batang pisang sebagai material alternatif untuk industri otomotif, kapal, dan pesawat terbang. Kasilnya dinamakan komposit atau fiber. Dan fiber ini diklaim tahan korosi, kuat, ringan, ekonomis, dan tahan api.

"Di Kecamatan Margoyoso, limbah kulit singkong yang dihasilkan dari industri tapioka mencapai 10 ton dalam satu bulan. Itu yang menginspirasi kita untuk memanfaatkannya sebagai bahan baku industri pesawat terbang, otomotif, dan kapal," kata Mohamad Rauf, guru pembimbing Suprihatin dan Raafi.

Juri menyarankan bahwa hasil karya dari Suprihatin dan Raafi ini benar-benar dimanfaatkan oleh industri di Indonesia. Karena selain lebih baik kualitasnya, bahan baku mudah didapatkan, serta ramah lingkungan dan tidak boros.

Hebat ya anak-anak Indonesia ini. Ayo, tunjukkan prestasimu, Indonesia bisa!
Hebat! Singkong Pengganti Bahan Bakar Avtur Pesawat Temuan Anak Indonesia! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top