Jumat, 27 Mei 2016

Awas! Ngulet setelah Bangun Tidur Bahaya Loh!

Ketika tubuh kita pegal, atau ketika baru bangun tidur kita biasanya melakukan peregangan pada tubuh agar nyaman kembali. Gerakan seperti ini biasa disebut dengan "ngulet". Ngulet sering dilakukan oleh orang-orang, baik tua maupun muda, bahkan bayi pun ngulet juga.

Ngulet memang menyenangkan, bahkan orang bisa melakukan ngulet dengan waktu yang lama ketika bangun tidur. Tapi ternyata, ngulet sejenak setelah bangun tidur itu tidak baik dan berakibat bahaya.
Jangan biasakan ngulet ketika bangun tidur / Gambar via health.usnews.com
Dokter olahraga, Ade Tobing, mengatakan, "Saat tidur lama, suhu tubuh akan menurun, begitu pula otot. Nah, ketika membuka mata dan ngulet, itu dapat menyebabkan cedera otot."

Suhu tubuh ketika tidur bisa juga disebut suhu basal, itu lebih rendah dibandingkan ketika sudah bangun tidur. Karena, fungsi metabolisme melambat ketika tidur. Ketika suhu tubuh turun, maka risiko akan cedera otot akan semakin besar karena lemas. Jadi, ketika kita ngulet, otot akan tertarik dan menjadikan serat otot rusak atau bahkan bisa terputus.

Oleh karena itu, jika ingin melakukan peregangan atau ngulet sebaiknya buat suhu tubuh naik dulu. Misalnya dengan pergi ke toilet, kemudian baru melakuka peregangan.

Sebenarnya, peregangan dengan ngulet itu diperbolehkan, asal dengan terstruktur. Waktu yang tepat dan tidak langsung ketika bangun tidur. Agar tidak mengalami cedera pada tubuh dan otot.

Jadi, kebiasaan ngulet langsung ketika bangun tidur harus kamu kurangi mulai dari sekarang ya!
Awas! Ngulet setelah Bangun Tidur Bahaya Loh! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top