Jumat, 20 Mei 2016

Alasan Kita Harus Bekerja 8 Jam Per Hari

Dalam sehari, kita dituntut untuk bekerja selama delapan jam. Misalnya dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 04.00 sore. Tapi terkadang juga lebih dari delapan jam.

Pernahkah kita terpikir mengapa harus delapan jam? Mengapa tidak tujuh atau lima jam saja dalam sehari?
Ilustrasi / Gambar via activegraduates.com
Dahulu, pada saat revolusi industri, perusahaan menginginkan produksi yang meningkat. Hal ini mengaruskan para pekerjanya bekerja dalam waktu 10 hingga 16 jam per hari. Membayangkannya saja pasti sudah melelahkan.

Karena hal ini pula banyak yang protes. Kemudian pada 1 Mei 1886, serikat buruh di Amerika Serikat memprotes hal tersebut. Mereka menuntut delapan jam untuk bekerja, delapan jam untuk istirahat, dan delapan jam untuk bersenang-senang. Karena itulah, 1 Mei diperingati dengan hari buruh internasional.

Karena hal inilah kemudian perusahaan Ford menerapkan waktu delapan jam dalam bekerja. Memang baru Ford yang menerapkan, perusahaan lain belum menerapkannya karena dianggap akan menurunkan produksi.

Justru, dengan menerapkan waktu delapan jam dalam sehari, pekerja di perusahaan Ford lebih produktif. Malahan di tahun-tahun berikutnya Ford memperoleh keuntungan yang meningkat. Kemudian perusahaan lain meniru sistem jam kerja pada perusahaan Ford.

Namun, tidak semua perusahaan menerapkan kerja delapan jam sehari. Hal ini terjadi banyak di perusahaan Jepang, dimana mereka menuntut pekerjanya untuk bekerja lebih dari delapan jam dalam sehari. Ini membuat karyawannya stress, bahkan banyak dari mereka yang tak sempat memiliki keturunan.

Jadi, bekerja delapan jam sehari bisa dikatakan waktu ideal dalam bekerja.
Alasan Kita Harus Bekerja 8 Jam Per Hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top