Jumat, 22 April 2016

Unik! Cara Mudah dan Murah Membuat Vacuum Cleaner dari Botol Bekas

Terkadang, membersihkan dengan sapu itu kurang bersih. Apalagi kotoran yang ada di karpet atau gorden. Selain itu, adanya angin dapat menerbangkan sampah yang sudah kita sapu.

Maka dari itu, tak jarang orang beralih dari sapu ke vacuum cleaner. Namun sayangnya, vacuum cleaner masih terbilang mahal dan daya listrik yang ditimbulkan akibat penggunaannya sangat tinggi.
Vacuum cleaner dari botol bekas / Gambar via YouTube Navin Khambhala # crazyNK
Jangan khawatir, sekarang ada cara mudah dan murah untuk membuat vacuum cleaner, yaitu dengan botol bekas. Tentunya vacuum cleaner ini tidak menghabiskan banyak daya listrik dan hanya bermodal bahan-bahan yang murah.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat vacuum cleaner ini adalah botol minuman bekas ukuran satu liter, satu kaleng minuman ukuran sedang, gunting, cutter, double tip, lem, tutup botol bekas, selang sedot, dan rangkaian elektronik.

Tak perlu waktu lama untuk membuatnya, pertama-tama potong botol bekas tadi menjadi tiga bagian, dimana bagian tengah harus dibuang. Kemudian kaleng dipipihkan dan buat melingkar sesuai ukuran diameter botol minuman.

Belah kaleng jadi delapan bagian. Bentuk kaleng menjadi baling-baling dengan cara melengkungkannya. Buat lubang pada bagian bawah botol plastik, dapat menggunakan bor atau paku yang dipanaskan.

Kemudian, pasang rangkaian elektronik pada bagian tengah baling-baling, kemudian tempel double tip pada mulut botol plastik. Masukkan baling-baling yang sudah dipasang rangkaian listrik tersebut, lalu masukkan selang penyedot debu, dan vacuum cleaner siap digunakan!

Silakan lihat video di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Unik! Cara Mudah dan Murah Membuat Vacuum Cleaner dari Botol Bekas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top