Rabu, 13 April 2016

Tips Tentukan Arah Mata Angin tanpa Bantuan Kompas

Satu hal yang membuat kita bingung ketika di tempat yang asing adalah arah mata angin. Apalagi ketika kita sedang tersesat di hutan atau di gunung, tak ada yang ditanya dan kita pun saat itu tidak membawa kompas.

Mungkin kalau anak zaman sekarang bisa dengan mudah menggunakan smartphone. Tapi jika di tempat tersebut aplikasi kompas di smartphone tidak berfungsi, apa yang bisa kamu lakukan? Ternyata ada cara mudah agar kamu bisa menentukan arah mata angin meskipun tidak menggunakan kompas atau aplikasi smartphone.

Inilah tips menentukan arah mata angin tanpa bantuan kompas :
  1. Arah dari Bayangan Benda

    Bersyukurlah ketika kamu tersesat dan matahari masih bersinar. Karena kamu bisa memanfaatkan sinar matahari untuk menentukan arah mata angin. Caranya dengan meletakkan benda tega, seperti anting pohon atau tongkat.
    Arah dari bayangan benda menentukan arah mata angin / Gambar via foodstorageandsurvival.com
    Kemudian, lihat arah bayangan benda tersebut. Jika saat itu sedang siang menuju sore, maka bayangan benda akan condong ke arah barat. Sedangkan ketika pagi menjelang siang, maka bayangan benda akan condong ke arah timur.
  2. Bintang Orion si Penunjuk Arah

    Bintang Orion sebagai penunjuk arah / Gambar via abc.net.au
    Ketika kamu tersesat di malam hari, kamu bisa memanfaatkan bintang di langit. Caranya dengan mencari rasi bintang orion, yaitu rasi bintang yang merupakan perpaduan dari tiga bintang terang. Ketiga bintang itu membentuk ekor kalajengking yang selalu menunjukkan arah barat.
  3. Posisi Matahari dan Jam Tangan

    Jika kamu tersesat di hutan yang tertutup bahkan sinar matahari sulit masuk, kamu bisa menggunakan jam tangan dengan memperhatikan posisi matahari. Penulisan 12 jam yang membulat itu mengikuti arah pergerakan matahari yang terbit dari timur ke barat.
    Posisi matahari dan jam tangan dapat menunjukkan arah mata angin / Gambar via modernsurvivalblog.com
    Setelah melihat jam, segera menghadap ke matahari. Jadikan posisi matahari terbit di timur itu patokan dasar. Dengan begitu, kamu bisa menentukan arah mata angin lainnya dengan jam tangan.
  4. Pohon Besar yang Membantu

    Jika matahari tak bisa membantumu menentukan arah mata angin, kamu bisa mencari pohon besar untuk menentukan arah mata angin. Caranya dengan melihat batang pohon tersebut. Perhatikan sisi-sisinya, biasanya sisi yang terkena sinar matahari dan tidak berlumut itu menunjukkan arah barat.
    Pohon berlumut menunjukkan arah mata angin / Gambar via public-domain-image.com
    Jika kamu masih kesulitan, kamu bisa merasakan suhu dari batang pohon tersebut. Jika suhu di sisi tersebut hangat, maka dapat dipastikan bahwa itu menunjukkan arah barat.
Itulah tips agar kamu bisa menentukan arah mata angin meski tanpa kompas dan tanpa bantuan smartphone.
Tips Tentukan Arah Mata Angin tanpa Bantuan Kompas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top