Rabu, 13 April 2016

Tips Meningkatkan Kewibawaan dalam Diri

Kewibawaan biasanya identik dengan kepemimpinan. Pemimpin yang disegani dan dihormati adalah pemimpin yang berwibawa. Tapi berwibawa di sini bukan berarti sombong ya.

Kewibawaan sebenarnya tidak hanya boleh dimiliki oleh pemimpin. Kamu yang belum menjadi pemimpin atau malah masih menjadi pelajar/mahasiswa pun bisa menjadi orang yang berwibawa. Dengan memiliki kewibawaan, kamu akan disegani oleh orang lain, kata-katamu akan didengar dan dianggap paling baik.
Meningkatkan kewibawaan diri dengan tetap rendah hati / Gambar via seattletimes.com
Inilah tips meningkatkan kewibawaan dalam diri :
  1. Perluas Wawasan

    Dengan wawasan dan ilmu yang luas, kamu bisa disegani oleh orang lain. Tentu saja kamu jangan sombong karena memiliki wawasan yang luas. Tetaplah rendah hati dan sebarkan ilmu ke orang lain. Jangan takut orang lain lebih pandai dari kamu ya.
  2. Jadi Teladan

    Tak harus jadi pemimpin untuk diteladani. Dengan menjadi pribadi yang baik, kamu bisa menjadi teladan. Atau misalnya kamu masih mahasiswa, menjadi teladan bisa dilakukan dengan aktif dalam organisasi, ikut berbagai lomba atau event. Dengan begitu kamu akan dinilai sebagai orang yang berprestasi.
  3. Jangan Bercanda Berlebihan

    Meskipun orang yang berwibawa terkesan orang yang cool, tapi tak ada salahnya jika kamu bercanda dengan orang lain. Dalam pembicaraan jangan terlalu kaku, sisipkan candaan, tapi jangan berlebihan dan jangan sampai menurunkan wibawamu.
  4. Tegas

    Tegas tak perlu marah-marah, maksud tegas di sini kamu harus tegas dalam mengambil keputusan, cepat dalam berpikir dan bertindak.
  5. Bersosialisasi

    Sosialisasi ini penting supaya kamu dapat banyak relasi dan orang jadi mengenalmu. Jangan individualis, karena sehebat apapun kamu jika kamu tetap individualis, kamu tidak ada artinya.
Itulah tips supaya kewibawaan dalam diri kamu meningkat. Selamat mencoba!
Tips Meningkatkan Kewibawaan dalam Diri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top