Jumat, 15 April 2016

Tips Menghemat Paket Data Internet

Pada era digital ini, internet sudah menjadi kebutuhan pokok manusia. Apalagi bagi mereka yang memiliki smartphone atau gadget sejenis yang membutuhkan internet. Memang tanpa paket data bisa menggunakannya, asalkan ada jaringan wifi.

Namun, tak semua tempat menyediakan jaringan wifi. Jadinya kita tidak bisa sepenuhnya bergantung pada wifi. Cara yang lain agar bisa tetap mengakses internet dimana saja adalah dengan paket data. Terkadang tanpa sadar, paket data yang kita miliki tiba-tiba habis. Berikut ini akan dibahas tips untuk menghemat paket data internet.
Tips menghemat paket data internet / Gambar via savingadvice.com
Inilah tips menghemat paket data internet :
  1. Pintar dalam Menonton Video Online

    Jangan sering-sering menonton video ketika memakai paket data. Karena menonton video menguras banyak paket data. Jika terpaksa harus menonton video, kamu bisa mengakalinya dengan menurunkan kualitas video. Semakin rendah kualitasnya, semakin sedikit pula paket data yang digunakan.

    Terlebih, sekarang video bisa disimpan offlin kemudian ditonton di lain waktu. Ketika kamu sedang di tempat yang terdapat jaringan wifi, kamu bisa simpan video tersebut dan kamu bisa menikmatinya di versi offline.
  2. Matikan Update Otomatis

    Canggihnya smartphone  adalah dapat mengupdate otomatis. Memang memudahkan kita, jadi kita tidak perlu update secara manual. Tapi, update otomatis membutuhkan data yang banyak, sehingga cepat menguras paket data. Sebaiknya, ubah pengaturan ke update ketika ada jaringan wifi saja.
  3. Kompresi Data di Browser

    Beberapa browser seperti Opera Mini dan Chrome memiliki fitur untuk dapat memampatkan data. Jadi, ketika kita menjelajah internet, data yang kita akses sudah dimampatkan dan ukurannya tak terlalu besar.
  4. Awasi Penggunaan Data

    Di smartphone, ada aplikasi yang dapat membantumu mengetahui berapa banyak dan aplikasi apa yang memakai banyak data. Dengan begitu, kamu bisa membatasi penggunaan aplikasi tersebut.
  5. Minimalkan Pengambilan Aplikasi

    Ketika kamu mengambil aplikasi atau game, sebaiknya gunakan jaringan wifi. Karena jika tidak,  memakan paket data yang banyak.
Itulah tips agar dapat menghemat pemakaian data internet. Selamat mencoba!
Tips Menghemat Paket Data Internet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top