Kamis, 21 April 2016

Tips Mendeteksi Spyware di Komputer Kita

Spyware merupakan perangkat lunak yang jika dipasang di komputer dapat mendeteksi apa saja yang diketikkan oleh keyboard. Dapat merekam apa saja yang dilakukan oleh komputer, layaknya history. Selain itu, dapat juga mengalihkan pengguna ke situs tertentu dan menampilkan pop up browser yang berisi iklan.

Spyware dapat menjadi ancaman bahaya apabila digunakan oleh orang yang akan berbuat jahat. Masalahnya, spyware merekam semua apa yang kita input ke komputer, termasuk ketika kita login dengan password.
Ilustrasi Spyware / Gambar via blog.malwarebytes.org
Direktur Riset Communication and Information System Security Research Center (CISSReC), Panji Agus Muttaqin, mengatakan bahwa spyware dapat mengumpulkan hampir semua jenis data, termasuk informasi pribadi, informasi akun, da informasi bank atau rekening kredit.

Spyware bisa kita dapatkan tanpa sengaja ketika kita mendapatkan software dari internet. Spyware ini berbeda dengan virus. Virus dapat merusak sistem komputer, sedangkan spyware tidak bisa, tapi spyware dapat menghabiskan bandwith internet karena pop up browser yang dikeluarkan. Oleh karena itu, dapat membuat kinerja komputer lambat.

Selain itu, ancaman terhadap tindak kejahatan juga dapat terjadi melalui spyware. Karena informasi yang kita input ke komputer dapat terekam oleh spyware.

Hal berikut ini bisa mendeteksi bahwa komputer kamu terdapat spyware :

  1. Jendela pop up muncul berulang-ulang.
  2. Pengguna diarahkan ke situs yang bukan tujuannya.
  3. Terdapat toolbar baru pada browser.
  4. Ada aplikasi baru di task tray di bagian bawah layar.
  5. Tampilan home di browser tiba-tiba berubah.
  6. Search engine berubah tak seperti yang biasa kita pakai.
  7. Beberapa fungsi yang berubah pada browser, misalnya tombol tab yang tidak berfungsi ketika memindahkan kolom username dan password.
  8. Muncul beberapa pesan eror dari Windows.
  9. Kinerja komputer menjadi lambat.
Itulah ciri yang bisa mendeteksi bahwa komputer kamu terdapat spyware. Jadi, tetap hati-hati ya!
Tips Mendeteksi Spyware di Komputer Kita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top