Minggu, 10 April 2016

Tips Buat Anak Disiplin tanpa Kekerasan

Sebagai orang tua, pasti menginginkan anaknya untuk menjadi disiplin. Karena hal itu, tak jarang orang tua sedikit keras terhadap anak, misalnya berteriak, menyuruh sambil terlihat marah, dan hal lainnya.

Padahal, semua itu tidak perlu dilakukan. Dan ada cara yang dapat membuat anak disiplin serta memiliki rasa hormat terhadap orang tua dan orang lain tanpa harus melalui kekerasan.
Mendisiplinkan anak tanpa harus dengan kekerasan / Gambar via preschoolers.about.com
Inilah tips buat anak disiplin tanpa kekerasan :
  1. Diskusi

    Jangan anggap remeh anak meskipun mereka masih kecil. Ajaklah mereka untuk berdiskusi. Diskusi ringan misalnya ketika makan atau sedang duduk menonton bersama. Katakan pada anak tentang bagaimana dan mengapa harus menaruh hormat pada orang tua dan orang lain. Juga berikan arti penting disiplin.
  2. Jadi Teladan

    Jika ingin anak menjadi disiplin, jangan bentak dan berteriak pada mereka. Karena jika orang tua membentak dan keras pada anak, maka anak akan mengikutinya. Jadilah teladan bagi anak, dengan memperlihatkan sikap yang baik, pasti anak akan mengikuti orang tua.
  3. Beri Pilihan

    Jangan terlalu mendikte anak harus ini dan itu. Berilah anak pilihan, hormati apa yang menjadi keinginannya. Dengan begitu, anak akan menghormati keputusan orang tua juga.
Jika ingin anak memiliki sikap disiplin dan rasa hormat pada orang tua maupun orang lain, tanamkan perilaku baik di rumah. Orang tua pun jangan hanya menyuruh, tapi memberikan contoh juga. Bentuk karakter anak mulai dari orang tua di rumah. Ketika anak memiliki contoh yang baik di rumah, perilakunya pun akan baik pula.
Tips Buat Anak Disiplin tanpa Kekerasan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top