Senin, 18 April 2016

Ternyata tanpa Sadar Kamu sering Makan Makanan Sampah ini!

Setiap harinya manusia memerlukan asupan makanan. Saat ini juga jenis makanan sudah beraneka ragam. Ketika kamu melakukan kemah pun kamu tidak akan kelaparan. Karena, makanan sekarang selain banyak jenisnya juga sudah dikemas secara ringkas sehingga mudah dibawa dan diolah.

Sayangnya, keragaman makanan ini terkadang membuat kamu lebih suka makanan instan dan terkesan cuek dengan makanan yang dimakan. Padahal, tanpa sadar kamu makan "makanan sampah" loh setiap hari! Nggak percaya?

Ini dia "makanan sampah" yang ternyata kamu konsumsi setiap hari :
  1. Makanan yang Dipanaskan Berulang Kali

    Ketika ada makanan sisa dan masih bisa dimakan, yang terpikirkan olehmu adalah memanaskannya. Mungkin sekali memanaskan saja sudah cukup. Tapi jangan terlau sering memanaskan karena memanaskan makanan itu berbahaya, seperti kentang, ayam, jamur, dan ubi yang dapat hilang kandungan proteinnya ketika dipanaskan.
    Makanan yang dipanaskan berkali-kali / Gambar via varietyland.com
    Terlebih jika memanaskan bayam, maka zat besi dalam bayam dapat berubah menjadi nitrit yang dapat memicu kanker. Jadi kalau beli atau memasak makanan, sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan kamu menghabiskannya.
  2. Makanan Kaleng

    Makanan kaleng / Gambar via 3a2ilati.com
    Makanan kaleng memang simpel dan mudah dimasak, karena kebanyakan hanya harus dipanaskan saja dan bumbu sudah menjadi satu dalam kaleng. Tapi, makanan kaleng dapat memicu diabetes, serangan jantung, dan liver. Hal ini dikarenakan kandungan Bisphenol A pada kaleng. Bukan hanya makanan yang diberi pengawet, kaleng pun ada pengawetnya.
  3. Gorengan

    Gorengan / Gambar via globetrottergirls.com
    Ini nih favorit banyak orang. Kebanyakan gorengan itu tidak baik loh! Kalau kamu suka makan gorengan, mulai saat ini batasi asupan gorenganmu. Gorengan dapat menyebabkan penyakit mulai dari yang ringan seperti radang tenggorokan, lalu darah tinggi, hingga kolesterol.
  4. Saus Sambal

    Saus sambal / Gambar via foodviva.com
    Memang tak lengkap rasanya menyantap makanan seperti gorengan, mie, ataupun bakso tanpa saus sambal. Rasanya yang pedas mengundang selera menjadikannya favorit di kalangan pecinta kuliner. Tapi sayangnya, saus sambal mengandung zat kimia dan tentu saja ada cabai atau tomat yang busuk ikut dipakai dalam saus tersebut.
  5. Makanan Awetan dan Fast Food

    Makanan fast food / Gambar via thesurge.com
    Seperti halnya makanan kalengan, makanan awetan dan fast food memang enak dan cepat dalam penyajiannya. Tapi, bahaya yang ditimbulkan juga cepat menjangkit tubuh.
Itulah makanan yang kita konsumsi setiap hari dan ternyata itu makanan sampah. Boleh lah sekali-kali menyantapnya, tapi jangan keseringan. Kamu juga harus menerapkan pola hidup sehat. Makan sayur dan buah serta makanan sehat lainnya. Dan jangan lupa, imbangi dengan olahraga agar tubuh tetap fit dan sehat.
Ternyata tanpa Sadar Kamu sering Makan Makanan Sampah ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top