Sabtu, 09 April 2016

Keren! Latihan Mental ini Bisa Buat Kamu jadi Pintar loh!

Menjadi pintar bukan hanya karena faktor keturunan, tapi bisa dilatih diri sendiri. Beberapa latihan dan kegiatan dapat menunjang meningkatnya kepandaian.

Ialah neurobics, yang merupakan gambaran satu set latihan mental untuk otak. Latihan ini melibatkan semua indera, mulai dari penglihatan, suara, sentuhan, rasa, dan bau. Beberapa latihan di bawah ini dapat membuat kita jadi lebih pintar loh! Penasaran?

Inilah latihan mental yang bisa buat kamu jadi pintar :
  1. Mencium Aroma Baru

    Mencium aroma baru / Gambar via webmd.com
    Coba gunakan pengharum yang tidak biasa kamu pakai. Wangi yang baru ini bisa membuat otak kita membangun jalur saraf yang baru.
  2. Lebih Banyak Berkomunikasi di Siang Hari

    Lebih banyak berkomunikasi di siang hari / Gambar via actiononhearingloss.org.uk
    Kemampuan kognitif bisa ditingkatkan dengan komunikasi. Cobalah sering berkomunikasi di siang hari. Misalnya saja ketika sedang berada di kendaraan umum, coba ajak bicara orang di sebelah kita. Selain meningkatkan kemampuan kognitif, kamu juga bisa menjadi orang yang lebih terbuka. Dan kamu juga bisa menjalin relasi dengan keterbukaanmu itu.
  3. Menyikat Gigi bukan dengan Tangan yang Biasa

    Menyikat gigi dengan cara berbeda / Gambar via dublindentalcenterpa.com
    Pasti kita semua menyikat gigi tiap hari kan? Nah, cobalah untuk menggunakan tangan yang tidak biasa kita gunakan untuk menyikat gigi. Misalnya biasanya pakai tangan kanan, ini pakai tangan kiri saja. Karena, ini dapat memberikan dampak ekspansi yang lebih cepat dan signifikan pada permukaan cortical surface area.
  4. Membaca dengan Cara yang Berbeda

    Membaca dengan cara yang berbeda / Gambar via dailymail.co.uk
    Jika biasanya kita membaca di dalam hati, cobalah membaca dengan keras sambil berintonasi yang baik, tapi jangan di tempat umum ya. Atau kamu bisa share membaca dengan teman, saudara, atau pasanganmu.
  5. Mengubah Urutan Rutinitas Sehari-hari

    Keluar dari rutinitas sehari-hari / Gambar via 3wheelmotorcycle.us
    Jangan keasyikan dengan rutinitas sehari-hari yang sampai membuatmu hafal, bahkan melakukan dengan mata tertutup pun bisa, hehehe. Tapi, lakukan kegiatan diluar urutan rutinitas. Misalnya, ketika kamu pergi ke kampus, kamu biasa melewati jalan R. Coba sesekali lewati jalan W atau jalan lainnya. Dengan mengacak urutan pekerjaan sehari-hari dapat meningkatkan ketebalan korteks dan meningkatkan aktivitas otak.
Sederhana sekali bukan untuk menjadikan diri kita lebih pintar? Ayo tunggu apa lagi!
Keren! Latihan Mental ini Bisa Buat Kamu jadi Pintar loh! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top