Kamis, 21 April 2016

Inilah Tips Terhindar dari Sambaran Petir

Di musim penghujan, sering kali kita mendengar adanya gemuruh dan petir. Memang wajar petir ada ketika hujan. Bahayanya adalah, sambaran petir bisa sampai ke bumi dan dapat menyerang apapun yang ada di bumi, termasuk manusia.

Di rumah-rumah juga sudah dipasang penangkal petir untuk menangkal petir yang datang. Tapi, di daerah yang masih terdapat banyak tanah lapang, rawan sekali adanya sambaran petir.
Petir di tanah lapang / Gambar via iop.org
Petir dapat menyambar saat atau sebelum hujan, bahkan ketika langit masih membiru pun. Ketika awan menghitam, terbentuklah cumulonimbus yang siap menghantarkan muatan listrik negatif ke muka bumi. Sambaran itu bisa dinetralkan oleh isolator, karena isolator tidak dapat dialiri listrik.

Di perkotaan sudah banyak sekali dibangun gedung dan rumah-rumah. Ini dapat menjadi isolator, sehingga tidak mudah dialiri listri.

Namun, di daerah pedesaan yang masih terdapat tanah lapang sangat berpotensi adanya sambaran petir. Karena listrik dapat langsung mengalir ke tanah.

Oleh sebab itu, jika kita melihat petir, segeralah berlindung tapi hindari pohon karena pohon tidak dapat menetralkan aliran listrik. Lebih baik, berlindung di dalam mobil atau rumah.

Semoga bermanfaat!
Inilah Tips Terhindar dari Sambaran Petir Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top