Kamis, 07 April 2016

Inilah Tips Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan

Program JHT (Jaminan Hari Tua) kini mulai digalakkan oleh pemerintah. Hal ini diwujudkan dalam program asuransi pemerintah, yaitu BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan itu sangat bagus. Karena, ini merupakan hak kamu sebagai karyawan atau penerima upah. Perusahaan wajib mengikutsertakan karyawannya dalam program tersebut.

Iuran BPJS Ketenagakerjaan sebesar 5,70%, dimana 3,7% ditanggung oleh perusahaan dan 2% ditanggung oleh peserta. Iuran ini akan terus bertambah sampai pensiun nanti. Biasanya, setiap bulan karyawan akan diberi print out besaran saldo kita. Tapi tak hanya print out, kamu juga bisa cek sendiri loh!
BPJS Ketenagakerjaan / Gambar via bekasimedia.com
Inila tips cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan :
  1. Cek Saldo JHT Via SMS

    Cara yang terkesan kuno tapi sangat membantu adalah dengan SMS. Caranya, kamu harus registrasi dlu untuk mendapatkan ID, dengan ketik REG#NoJamsostek/BPJS#Tanggal Lahir#Nama Ibu Kandung. Kemudian, kirim sms ke 2757.

    Setelah berhasil, kamu akan mendapatkan balasan berupa nomor ID. Untuk cek JHT BPJS, kamu tinggal ketik Saldo#Nomor ID Kamu, kemudian kirim ke 2757.
  2. Cek Saldo JHT Menggunakan Smartphone

    Kalau kamu ingin yang lebih modern, kamu bisa memakai smartphone, baik android, iPhone, ataupun Blackberry. Caranya dengan menginstall aplikasi di smartphonemu. Setelah itu, kamu registrasi dan akan mendapatkan PIN.

    Untuk log in kamu hanya tinggal mengisi Nomor KPJ dan PIN hasil registrasi. Tak hanya untuk mengecek saldo, dengan aplikasi ini kamu juga bisa melihat simulasi JHT, daftar kantor BPJS Ketenagakerjaan, termasuk juga nomor kontaknya.
  3. Cek Saldo JHT Via ATM

    Cek saldo JHT juga bisa dilakukan via ATM. Caranya tinggal mengikuti panduan yang ada di ATM. Namun sayangnya, untuk saat ini hanya nasabah Bank BNI saja yang bisa menikmati layanan ini, dan uang tidak bisa dicairkan.
  4. Cek Saldo JHT Online

    Kalau kamu lebih suka online dengan laptop atau komputer, kamu juga bisa cek saldomu dengan cara mengakses halaman: https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/sso/registrasi.bpjs. Kemudian, isi formulir dan data dengan bensar dan kamu akan mendapatkan PIN untuk log in melalui email atau SMS. Setelah PIN diterima, kamu bisa akses halaman: https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/sso/login.bpjs.

    Kemudian, masukkan user ID EKTP atau email yang digunakan untuk registrasi tadi. Setelah masuk, pilih menu Layanan, kemudian cek saldo JHT dan pilih aktvasi. Masukkan PIN aktivasi yang dikirim via SMA lalu klik Enter. Setelah berhasil melakukan aktivasi, pilih menu cek saldo JHT, maka saldo akan ditampilkan.
Itulah cara-cara mengecek saldo JHT BPJS tanpa harus menunggu print out setiap bulan. Tinggal pilih mana cara yang menurut kamu paling bisa kamu lakukan. Selamat mencoba!
Inilah Tips Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top