Kamis, 07 April 2016

Inilah Tanda Kamu Diganggu Setan ketika Sholat

Sholat merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat Islam. Sebelum sholat didirikan, haruslah memenuhi syarat dan rukun sholat. Dimana jika tidak dipenuh maka sholat yang didirikan menjadi tidak sah.

Di dalam sholat, tentu saja ada gangguan, salah satunya gangguan setan. Meski tidak tampak, tapi kita bisa merasakannya. Dan jika kamu mengalami hal ini, maka itu tandanya kamu sedang terprovokasi oleh setan.
Gangguan setan dalam sholat / Gambar via talktoislam.com
Inilah tanda kamu diganggu setan ketika sholat :
  1. Attajjul

    Yaitu sikap terburu-buru, ingin cepat selesai. Sebaiknya, sholat dilakukan dengan thuma'ninah dan kita harusnya menikmatinya. Terburu-buru membuat kita tidak fokus pada ibadah.
  2. Annisyan

    Sikap ini merupakan sikap ketika kita tidak fokus dalam sholat. Bukan memikirkan sholat tapi malah memikirkan hal lain di luar sholat. Berkhayal yang tidak ada kaitannya dengan sholat. Dalam surat Al Mujadalah 58 : 19, Allah Ta'ala berfirman, "Setan telah menguasai mereka lalu menjadikan mereka lupa mengingat Allah Ta'ala. Mereka itulah golongan setan. Ketahuuilah, sesungguhnya golongan setan itulah golongan yang merugi."
  3. Kusala

    Yaitu rasa terpaksa dalam mendirikan sholat. Memang melakukan sholat, tapi ia tidak ikhlas. Allah Ta'ala berfirman, "Sesungguhnya orang-orang munafiq itu menitup Allah Ta'ala dan Allah Ta'ala akan membalas tipuan mereka. Dan apabila berdiri untuk sholat, mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya' (dengan sholat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah Ta'ala kecuali sedikit sekali." (An-Nisa 4 : 142)
  4. Annuas

    Jangan sepelekan menguap saat sholat, apalagi berkali-kali. Sesungguhnya itu merupakan gangguan setan. Dan setelah sholat akan segar kembali. Astagfirullah.
  5. Marhodhulbaththahuni

    Sama seperti annuas, tapi hal ini adalah rasa dimana kita ingin buang air dan kotoran, bahkan rasanya berkali-kali.
Itulah tanda-tanda gangguan setan. Sebaiknya, mantapkanlah hati dan niatkan untuk fokus kepada Allah Ta'ala. Hanya lima menit saja, luangkan waktu untuk Allah Ta'ala. Semoga Allah Ta'ala menolong kita dan menghindarkan kita dari setan-setan yang terkutuk.
Inilah Tanda Kamu Diganggu Setan ketika Sholat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top