Selasa, 19 April 2016

Inilah Pintu Godaan Setan bagi Orang Sholat

Setan akan selalu mengganggu manusia dalam segala kondisi, meskipun itu dalam kondisi sedang sholat. Hal itulah yang terkadang membuat kita tidak khusyuk dalam sholat, hati dan fikiran kita tidak terfokus pada Allah Ta'ala. Padahal, ingin rasanya kita terfokus hanya pada Allah Ta'ala.

Meski tak berwujud, tapi godaan-godaan tetap dapat kita rasakan. Lalu, bagimana cara setan menggoda manusia ketika sholat?
Sholat / Gambar via muslimmoms.ca
Pintu yang dimasuki oleh setan adalah yang mudah kita tangkap, yaitu melalui panca indera. Misalnya saja, ketika ada suara keras kita langsung terlena dan memikirkan suara apa itu. Padahal kita masih dalam kondisi sholat.

Termasuk juga dengan mata, misalnya di kiblat tempat kita menghadap saat sholat terdapat gambar atau tulisan. Hal ini dapat memicu kita terlena sehingga kita lalai akan sholat.

Ketika Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam memakai baju berwarna hitam (merah) dan ada gambar bendera yang diberikan oleh Abu Jahm kepada beliau, lalu beliau sholat dengan baju tersebut. Maka, setelah sholat beliau mencopotnya dan bersabda, "Kembalikan baju ini pada Abu Jahm, karena dia telah melalaikan aku dari sholatku. Dan bawakanlah untukku pohon mangga milik Abu Jahm." (Muttafaq 'alaih. Dari hadits Aisyah)

Karena itu, sebaiknya jangan menggantungkan, menggambar, ataupun menulis sesuatu di arah kiblat. Karena hal itu memungkinkan seseorang lalai ketika sholat. Dan teruslah berjuang hanya fokus pada Allah Ta'ala. Lawanlah godaan setan itu!
Inilah Pintu Godaan Setan bagi Orang Sholat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top