Minggu, 17 April 2016

Inilah Aplikasi Unik agar Tuna Rungu dapat Berkirim Pesan

Tuna rungu adalah orang yang organ pendengarannya tidak dapat berfungsi dengan baik, baik sebagian maupun seluruhnya. Karena tidak berfungsinya pendengaran dengan baik, maka menimbulkan tuna rungu juga tak dapat berbicara dengan baik, karena ia tidak dapat mendengarkan pembicaraan orang lain.

Oleh karena itu, tuna rungu biasanya berkomunikasi dengan isyarat jari dan tangan. Sejauh ini, belum ditemukan aplikasi yang memungkinkan tuna rungu dapat berkomunikasi dengan orang lain. Tapi, seorang remaja berusia 17 tahun telah menemukannya, bahkan awalnya secara tak sengaja.
Mateusz Mach dan aplikasi temuannya, Five / Gambar via strefabiznesu.gp24.pl
Dialah Mateusz Mach, yang meluncurkan sebuah aplikasi bernama Five. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan cara menekan tombol dimana di dalamnya terdapat isyarat tangan.

Mach tak sengaja mendapatkan ide itu. Awalnya, ia hanya iseng mengirimkan lambang-lambang tangan kepada teman-temannya. Namun, ia mendapatkan pesan dari orang-orang tuna rungu dan tuna wicara bahwa aplikasinya ini sangat bermanfaat bagi mereka dalam berkomunikasi.

Dari sanalah, Mach kemudian mengembangkan temuannya ini. Karena 'Five' ini, Mach langsung memenangkan kompetisi startup lokal dan membuat dirinya sebagai pengusaha muda yang menjanjikan. Ia lalu mulai mencari pendanaan dan telah mengumpulkan $ 150.000 atau sekitar Rp 197 juta dari acara pendanaan di Polandia. Bahkan, PBB pun mendukung Mach dalam temuan Five nya.

Hebat sekali ya readers? Semoga Five dapat dikembangkan menjadi aplikasi yang dapat digunakan oleh seluruh penderita tuna rungu dan tuna wicara di dunia agar mereka juga dapat mudah berkomunikasi.
Inilah Aplikasi Unik agar Tuna Rungu dapat Berkirim Pesan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top