Jumat, 29 April 2016

Ingin Menggunakan Jasa Penitipan Anak? Gunakan Tips ini!

Sekarang ini, para istri banyak yang bekerja. Hal ini bukan karena ia tidak ingin melakukan perannya sebagai seorang istri, tapi karena ingin membantu keuangan keluarga dan mungkin alasan lainnya. Memang tak salah jika istri bekerja, tapi bagaimana dengan anak-anak? Apalagi usia anak masih kecil dan butuh pengawasan.

Hal yang biasa dilakukan adalah dengan menggunakan jasa babysitter. Jika tempat tinggal orang tua istri atau suami dekat dengan rumah, menitipkan pada orang tua juga bisa. Ada juga alternatif lain, yaitu menitipkan pada jasa penitipan anak. Tentu saja menitipkan anak pada jasa penitipan anak tidaklah asal, perlu ada tips khusus sebelum mempercayakan anak pada jasa penitipan anak.
Jasa penitipan anak / Gambar via cbc.ca
Inilah tips memilih jasa penitipan anak yang tepat :
  1. Lakukan Riset

    Sebelum memutuskan, lakukan riset terlebih dahulu. Tanyakan pada teman atau saudara tempat penitipan anak yang bagus. Lihat apakah mereka memiliki izin dan terakreditasi baik. Lebih baik juga jika teman sudah mencoba sendiri dan merekomendasikan ke Anda.
  2. Putuskan Ingin Tempat Penitipan Anak Seperti Apa

    Putuskan dulu kriteria tempat penitipan anak Anda. Apakah dekat dengan rumah, dekat dengan kantor, searah dengan kantor, pengasuhnya semua wanita, dan lainnya. Hal ini untuk memudahkan dan membuat Anda tenang meninggalkan anak di tempat penitipan.
  3. Lakukan Kunjungan dan Wawancara

    Setelah memilih tempat, kunjungi tempat penitipan anak tersebut. Jangan lupa bawa si kecil agar kita tahu bagaimana reaksinya melihat tempat penitipan anak tersebut. Jika ia tertarik, Anda bisa langsung melakukan wawancara pada pengelola tempat penitipan anak.

    Tanyakan mengenai biaya per bulannya, dokter yang memeriksa setiap tiga bulan, bagaimana pendidikan pengasuh, bagaimana tingkah laku pengasuh, termasuk juga bagaimana makanan yang disajikan untuk anak.
  4. Cara Komunikasi Pengasuh

    Perhatikan bagaimana pengasuh merawat anak-anak. Apakah mereka sabar atau tidak. Hal ini penting karena kenyamanan dan keselamatan anak kita di jasa penitipan nanti berada di tangan pengasuh.
  5. Melakukan Percobaan Menitipkan Anak

    Setelah empat langkah itu lolos, Anda bisa coba menitipkan anak selama satu hari. Lihat reaksi anak, apakah ia senang atau tidak. Jika ia senang, ia bisa lanjut dititipkan di sana, jika tidak jangan dipaksakan. Carilah tempat penitipan lain yang lebih baik.
Dalam memilih jasa penitipan anak bukanlah hal mudah. Kita harus mempercayakan anak kita pada orang lain yang bahkan belum kita kenal sebelumnya. Oleh karena itu, jangan anggap sepele masalah menitipkan anak.
Ingin Menggunakan Jasa Penitipan Anak? Gunakan Tips ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top