Sabtu, 30 April 2016

Hati-hati! Waspada pada Kejadian Pemicu Serangan Jantung ini!

Serangan jantung bisa datang tiba-tiba, bahkan meskipun tanpa tanda-tanda awal. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang terkena penyakit jantung. Bisa jadi karena pola makan yang salah, keturunan, atau hal lainnya.

Dan berikut ini akan dijelaskan pemicu serangan jantung yang bisa terjadi. Meskipun tidak selalu hal ini membawa dampak pada serangan jantung, tapi harus diwaspadai.
Serangan jantung / Gambar via healthxchange.com.sg
Inilah kejadian yang dapat memicu serangan jantung :
  1. Pagi Hari

    Orang yang terkena serangan jantung biasanya terjadi di pagi hari. Hal ini dikarenakan pembuluh darah dan darah lebih kental di pagi hari. Sehingga, dianjurkan untuk mengkonsumsi obat pengencer darah sebelum pukul 6 pagi.
  2. Cuaca Dingin

    Ketika cuaca dingin, jantung akan bekerja lebih keras untuk meningkatkan aliran oksigen ke dalam darah. Ini memang baik bagi tubuh, tapi malah membuat kerja jantung semakin tinggi dan akhirnya menjadi pemicu serangan jantung.

    Oleh karena itu, tetaplah di rumah dengan kondisi ruangan hangat, dan jika ingin keluar rumah, gunakan pakaian yang dapat menjagamu tetap hangat.
  3. Flu

    Ketika flu menyerang, paru-paru susah untuk menghirup oksigen. Jadi, jantunglah yang membantu agar paru-paru mendapatkan oksigen. Ini membuat jantung bekerja lebih ekstra. Oleh karena itu, minum segera pereda flu agar kinerja jantung tetap baik.
  4. Macet

    Mungkin kamu berpikir apa hubungannya macet dengan serangan jantung? Meski terdengar aneh, tapi sebuah penelitian mengatakan adanya hubungan antara kemacetan, polusi udara, dengan tingkat serangan jantung. Polusi udara sebagai faktor utama pemicu serangan jantung.
  5. Makan Berat yang tidak Biasa

    Makan berat atau berlebihan bisa meningkatkan risiko serangan jantung. Hal ini dikarenakan ketika banyak makanan yang masuk melebihi porsi kita, maka jumlah insulin akan meningkat dan pembuluh darah menyempit.
  6. Aktivitas Fisik yang Berat

    Olahraga memang penting, tapi sebaiknya dilakukan sesuai porsi tubuh. Ketika olahraga berlebihan, tubuh akan kesulitan mendapatkan oksigen. Oksigen juga susah mengalir ke dalam darah, akibatnya jantunglah yang menumpu beban ini.
Itulah hal yang perlu diwaspadai sebagai pemicu serangan jantung. Memang tak semua, tapi bersiap dan mengantisipasi lebih baik bukan?
Hati-hati! Waspada pada Kejadian Pemicu Serangan Jantung ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top