Sabtu, 23 April 2016

Dunia Merinding Gara-Gara Latihan 'Hellweek' Kopaska TNI AL!

Kita tahu bahwa kekuatan militer Indonesia sangat kuat. Bahkan, hal ini diakui dunia. Karena inilah kita harus berbangga dengan kekuatan militer Indonesia. Kekuatan militer Indonesia juga tak hanya di darat, melainkan juga di udara dan lautan.

Salah satu kekuatan militer di laut adalah Kopaska (Komando Pasukan Katak) yang berdiri pada 31 Maret 1962, dan didirikan oleh Presiden Soekarno. Awalnya, Kopaska didirikan dengan tujuan untuk operasi militer di Irian Jaya. Dan sekarang, menjadi kekuatan militer denga kekuatan amfibi. Ada dua lokasi penempatan Kopaska, yaitu Armada Barat di Jakarta dan Armada Timur di Surabaya.
Kopaska / Gambar via jakartagreater.com
Kopaska memiliki semboyan "Tan Hana Wighna Tan Sirna" yang artinya tak ada rintangan yang tak dapat diatasi. Misi utama Kopaska adalah melakukan peledakan bawah air musuh dengan sabotase atau penyerangan secara rahasia ke lokasi kapal dan markas musuh. Selain itu, Kopaska juga menjadi pengawal VIP Presiden dan Wakil Presiden Indonesia.

Dalam hal jumlah personel, tidak pernah diberitahukan secara umum. Hal ini karena Kopaska merupakan pasukan elit yang sangat rahasia, sehingga tidak boleh dibeberkan berapa jumlah personelnya.

Latihan Kopaska dapat dikatakan seperti level neraka. Betapa tidak, mereka harus siap kapan pun dan dimana pun menghadapi segala situasi. Simulasi perang dapat tiba-tiba dilakukan, bahkan ketika mereka sedang mengikuti kegiatan di dalam kelas, termasuk ketika mereka masih terlelap tidur di malam hari.

Selain itu, di hari pertama dalam minggu hellweek, mereka diharuskan makan nasi komando. Nasi komando ini merupakan campuran antara nasi, telur mentah, lauk pauk, minyak ikan, dan terasi. Kesemuanya diblender dan harus dimakan bersama para Kopaska.

Nasi itu ditaruh di dalam satu wadah dan harus dimakan bergiliran. Jika ada anggota yang muntah di lokasi, maka anggota berikutnya tetap harus melahap nasi komando itu sampai habis. Bisa bayangkan betapa mengerikannya nasi komando itu!

Ini masih tahap awal hellweek. Jika tidak sanggup melanjutkan, maka tidak ada paksaan dan boleh mengundurkan diri dengan meletakkan topi baja di pinggir lapangan. Meski sukses melewati hellweek, bukan berarti latihan telah usai.

Selanjutnya masih ada latihan yang menguras tenaga dan emosi. Anggota diberi latihan menembak dan diperkenalkan berbagai macam alat tembak. Selain itu, latihan para calon Paska ini yaitu latihan komando gunung hutan dan longmarch di Karang Tekok, kemudian dilanjutkan dengan lintas medan ke Ijen, Situbondo, Bromo, sampai Surabaya.

Lolos dari latihan tersebut, selanjutnya adalah latihan terjn statis, HALO, HAHO dan praktik pertempuran  bawah laut di Banyuwangi dan Malang. Latihan ini juga tak sebentar, yaitu memakan waktu 10-12 bulan.

Pasukan militer Indonesia telah melakukan latihan bersama Navy Seal selama 30 tahun. Militer Indonesia juga banyak mengajari Navy Seal dalam hal membuat jebakan dan teknik lainnya.

Bagaimana readers? Sanggup untuk menjadi pembela negara dengan masuk menjadi anggota militer Indonesia?
Dunia Merinding Gara-Gara Latihan 'Hellweek' Kopaska TNI AL! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top