Sabtu, 09 April 2016

Awas! Kebiasaan Mahasiswa ini dapat Menghambat Selesainya Skripsi

Bagi mahasiswa semester akhir, mau tak mau harus bergulat dengan skripsi. Membuat skripsi jika dikerjakan dengan teratur dan rutin sebenarnya tidak akan memberatkan. Tapi, pasti ada kalanya kita malas mengerjakannya karena menganggap remeh skripsi.

Selain faktor dari dalam diri sendiri, skripsi menjadi tak kunjung selesai juga bisa karena faktor dari luar, misalnya dosen pembimbing yang sulit ditemui. Atau, kamu harus melakukan revisi setiap konsultasi. Tapi, hampir semua mahasiswa pasti pernah memiliki kebiasaan ini, dan hal ini menghambat selesainya skripsi. Apa saja itu?
Agar cepat lulus, jangan sampai kamu punya kebiasaan yang menghambat skripsi mu / Gambar via reuters.com
Inilah kebiasaan mahasiswa yang dapat menghambat selesainya skripsi :
  1. Melakukan Penundaan Demi Penundaan

    Dalam mengerjakan skripsi, sebaiknya jangan menunda. Karena kita tidak tahu apakah yang kita tulis sudah benar atau masih harus revisi. Dan ketika harus direvisi, sebaiknya langsung dikerjakan lagi. Karena jika kamu menundanya, kamu akan terbuai dengan kenyamanan menunda. Alhasil, kamu baru sadar kalau deadline sudah sangat dekat.
  2. Terburu-buru dan Baru Sadar Ternyata Masih Kurang Bahan untuk Skripsi

    Siapa sih yang tak ingin cepat lulus? Pasti semua mahasiswa ingin cepat menyelesaikan studinya. Tapi jangan sampai kamu terburu-buru lulus tapi melupakan skripsi. Persiapkan bahan skripsimu dengan matang, jangan sampai hanya karena ingin cepat lulus, kamu jadi kekurangan bahan untuk skripsi.
  3. Mendengarkan dan Terpengaruh Teman Senasib

    Hati-hati dengan temanmu, apalagi teman senasib yang sama-sama belum menyelesaikan skripsi. Mungkin temanmu ini menganggap skripsi itu hal yang biasa dan ia santai menghadapinya, kemudian ia mempengaruhimu untuk ikutan santai. Jadinya, kamu ikut-ikutan mereka santai juga dan skripsimu tidak akan segera selesai.
  4. Mengikuti Hasrat Malas

    Ini yang paling berbahaya. Hasrat malas yang bisa tiba-tiba menjangkiti tubuh terkadang tak bisa dihindari. Kamu harus punya motivasi dan penyemangat sendiri agar tidak terjerumus dalam kemalasan. Malas dapat membuatmu menunda pengerjaan skripsi yang akhirnya kamu tidak akan segera menyelesaikannya.
  5. Kurang Memahami dan Masa Bodoh dengan Dosen Pembimbing

    Kamu jangan cuek dan masa bodoh dengan dosen pembimbing, karena dia juga menentukan cepat atau tidak selesainya skripsimu. Kamu harus memahami logika dosen pembimbing. Jika ada revisi dan itu masuk akal, segera kerjakanlah.
Itulah kebiasaan mahasiswa yang menghambat selesainya skripsi. Buat kamu para mahasiswa tingkat akhir, buang jauh-jauh kebiasaan itu agar skripsimu cepat selesai.
Awas! Kebiasaan Mahasiswa ini dapat Menghambat Selesainya Skripsi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top