Selasa, 26 April 2016

Awas! Bahan Makanan Instan ini Berbahaya Bagi Tubuh!

Makanan instan memang tidak baik jika dikonsumsi terus menerus. Jika sekali-kali boleh, asalkan masih dalam tahap wajar dan tidak berlebihan mengkonsumsinya.

Makanan instan memang praktis dan seringkali rasanya enak. Tapi sayangnya, ada bahan-bahan berbahaya yang terdapat dalam makanan instan dan tentunya tak baik bagi tubuh. Apa saja itu?

Inilah bahan makanan instan yang berbahaya bagi tubuh :
  1. Biji-Bijian Olahan

    Makanan dari olahan biji-bijian sering kita temukan, terlebih pada makanan seperti roti dan biskuit. Memang, mengkonsumsi biji-bijian utuh seperti biji gandum dapat mengurangi tingkat penyakit jantung yang rendah, yaitu sekitar 20 - 30 persen.
    Biji-bijian olahan / Gambar via yummytummyaarthi.com
    Tapi, dengan mengkonsumsi biji-bijian olahan malah meningkatkan risiko terkena serangan jantung, resistensi insulin, dan tekanan darah tinggi.
  2. Sirup Jagung Fruktosa Tinggi

    Terkadang kita menjumpai produk sirup dengan tanda fruktosa. Jadi, fruktosa ini tidak bisa digunakan secara langsung oleh tubuh, melainkan harus diproses dulu menjadi glukosa dan ini memakan banyak energi.
    Sirup fruktosa / Gamba via drhyman.com
    Fruktosa ini dapat memicu kegemukan, kolesterol tinggi, masalah insulin, diabetes tipe 2, kerusakan hati, tekanan darah tinggi, dan penyakit hati. Fruktosa kebanyakan ditemukan pada produk yang mengandung pemanis jagung, sirup jagung, dan sirup jagung tinggi fruktosa.
  3. Lemak Trans

    Makanan yang mengandung lemak trans biasanya adalah produk muffin, popcorn, kerupuk, margarin, dan cracker. Lemak trans lebih berbahaya daripada lemak jenuh karena meningkatkan kadar kolesterol jahat LDL dan menurunkan kolesterol baik HDL.
    Lemak trans pada margarin / Gambar via huffingtonpost.com
    Hati-hati ketika membeli makanan, cek dahulu pada kemasan, jika ada tulisan "partially hydrogenated", "difraksinasi atau fractionated" dan "terhidrogenasi atau hydrogenated", itu artinya makanan tersebut mengandung lemak trans.
  4. Garam

    Garam pada mie instan tak baik jika dikonsumsi sering / Gambar via dailymail.co.uk
    WHO menganjurkan bagi tubuh konsumsi garam tidak lebih dari 5 gram per hari. Tapi, kebanyakan orang malah mengkonsumsi garam 5,7 - 6,3 gram per hari, itu pun sebanyak 3/4 gramnya berasal dari makanan instan. Terlalu banyak mengkonsumsi garam dapat menyebabkan penyakit kronis seperti jantung, tekanan darah tinggi atau hipertensi.
Itulah bahan-bahan berbahaya pada makanan instan yang sering kita temui. Hati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Kurangi asupan makanan instan agar tubuh tetap terjaga kesehatannya.
Awas! Bahan Makanan Instan ini Berbahaya Bagi Tubuh! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top