Minggu, 24 April 2016

Astagfirullah, Perintah Allah Ta'ala ini Kadang Terlupakan

Sedari kecil, kita sudah dibiasakan membaca. Mulai dari diajarkan orang tua di rumah hingga ketika kita masuk sekolah pertama kali, pasti selalu ditekankan pelajaran membaca, menulis, dan berhitung. Memang itu sangat penting karena ketiga pelajaran dasar itu akan kita pakai selama hidup kita agar tidak mudah dibodohi.

Namun sayangnya, di Indonesia sendiri minat akan membaca masih sangat minim. Bahkan, dari negara berkembang lainnya seperti Thailand dan Filipina, Indonesia masih tertinggal dalam hal membaca. Menurut data dari UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia hanya sekitar 51,7%, tertinggal dengan Filipina yang 52,6%, Thailand 65,1%, Singapura 74%, dan Jepang 82,3%.
Membaca adalah perintah Allah Ta'ala / Gambar via theodysseyonline.com
Padahal, membaca adalah perintah Allah Ta'ala yang utama. Ini terdapat dalam Al Qur'an Surat Al 'Alaq ayat 1-5, yang artinya, "Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya."

Membaca dapat membuka wawasan kita. Dengan membaca, kita bisa mengetahui informasi, mengetahui apa yang tidak kita ketahui sebelumnya. Membaca buku, koran, majalah, novel, dan bacaan lainnya bermanfaat bagi kita. Tak harus buku bacaan berat, yang penting kita suka dan itu bermanfaat baik.

Orang yang berilmu pasti banyak membaca. Dan orang berilmu itu derajatnya lebih tinggi. Allah Ta'ala juga menjanjikan akan mengangkat derajat orang-orang yang berilmu beberapa derajat. Terbukti pada ilmuwan-ilmuwan Islam terdahulu, dimana mereka juga pandai berkat membaca.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang rutinkan membaca. Membaca buku ilmu agama maupun ilmu pengetahuan umum. Membaca itu akan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.
Astagfirullah, Perintah Allah Ta'ala ini Kadang Terlupakan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top