Selasa, 12 April 2016

Apakah Kamu Sudah Dewasa? Ini Ciri-cirinya!

Terkadang kita berpikir, sudah seusia ini, apakah kita juga sudah dewasa? Semakin tua belum tentu jadi semakin dewasa sendiri. Dewasa itu sikapnya, bukan usianya yang paling penting.

Kadangkala, baru usia belasan tahun sudah berpikiran dewasa. Sebaliknya, ada yang sudah berusia puluhan tahun tapi sikapnya masih seperti anak-anak, jauh dari dewasa.
Orang dewasa tidak mudah tersinggung / Gambar via playbuzz.com
Inilah ciri-ciri bahwa kamu belum dewasa :
  1.  Tidak Menerima Pendapat Orang Lain

    Ketika kamu mengeluarkan argumen A, kemudian ada orang lain berargumen B yang sangat bertentangan dengan argumen kamu, maka jangan kamu langsung mencaci maki argumen tersebut. Bersikaplah dewasa dengan menerima pendapatnya meskipun berbeda. Diskusikan kembali pendapatmu dan pendapatnya, kemudian carilah jalan tengah dari pendapat kalian.
  2. Mudah Marah / Emosi

    Orang yang dewasa ditandai dengan mudahnya ia mengendalikan amarahnya. Semarah apapun ia, pasti bisa ia redam meskipun di dalam hati tersimpan rasa jengkel yang amat dalam. Orang hebat bukan karena kuat fisiknya, tapi seberapa kuat ia dapat menahan emosi dan mengendalikan dirinya.
  3. Mudah Tersinggung

    Kalau kamu masih gampang tersinggung, bisa jadi kamu belum dewasa. Wajar saja jika orang lain mengkritik tentang dirimu, itu wujud bahwa kamu diperhatikan. Toh kritikan itu biasanya adalah kritikan yang membangun.
  4. Merasa Paling Hebat dan Paling Benar

    Orang yang bersifat dewasa akan rendah hati, bukan malah merasa lebih hebat atau benar. Mereka akan menghargai kehebatan orang lain. Mereka sadar bahwa dibalik kehebatan dirinya, masih ada orang-orang lain yang jauh lebih hebat darinya.
Itulah ciri bahwa kita masih belum dewasa. Mulai sekarang, jadilah dewasa, tinggalkanlah sifat kekanak-kanakan yang malah membuatmu semakin buruk.

Apakah Kamu Sudah Dewasa? Ini Ciri-cirinya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top