Rabu, 06 April 2016

Apakah Dosa Selalu Dimaafkan jika tidak Tahu?

Islam adalah agama yang baik dan pemaaf. Ketika seroang hamba melakukan kesalahan karena ketidaktahuan, Allah Ta'ala akan memaafkannya.

Namun ketika kita melakukan sesuatu dan ternyata itu salah, dengan santainya kita menjawab, "Tidak apa-apa, kan tidak tahu." Apakah selalu dimaafkan?
Apakah dosa selalu dimaafkan jika tidak tahu? / Gambar via annenblog.typepad.com
Melalui kisah dan hadist berikut ini, kita akan tahu bagaimana dosa itu apakah selalu dimaafkan atau tidak.

Dalam hadist Bukhari Muslim dari sahabat Abu Hurairah bahwa ada seseorang yang sholat tanpa thuma'ninah. Lalu ia datang menghampiri Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam sambil mengucapkan salam. Kemudian, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam mengatakan padanya, "Ulangilah sholatmu karena engkau sebenarnya belum sholat."

Seperti itu terjadi berulang hingga tiga kali. Kemudian orang itu berkata pada Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, "Demi yang mengutusmu dengan membawa kebenaran, sebelumnya aku tidak pernah melakukan seperti ini. Ajarknlah aku (bagaimana sholat yang benar)."

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam kemudian mengajarkannya sholat. Namun, untuk sholat yang sudah lalu tidak diperintahkan untuk diqadha'. Karena dahulu ia tidak tahu (jahel). Ia hanya diperintah untuk mengulangi sholat saat ini saja.

Allah Ta'ala berfirman dalam surat Al Qashash: 59, "Dan tidak adalah Tuhanmu membinasakan kota-kota, sebelum Dia mengutus di ibukota itu seorang rasul yang membacakan ayat-ayat Kami kepada mereka; dan tidak pernah (pula) Kami membinasakan kota-kota; kecuali penduduknya dalam keadaan melakukan kezaliman."

Itulah hukum jika kita tidak tahu akan suatu hal, dalam hal ini benar-benar tidak tahu.
Apakah Dosa Selalu Dimaafkan jika tidak Tahu? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top