Minggu, 10 April 2016

Apakah di dalam Agama Islam tidak Boleh Menggambar?

Gambar merupakan salah satu bentuk karya seni. Orang menggambar bisa karena hobi ataupun memang pekerjaannya di bidang gambar. Seringnya pula, objek gambar merupakan benda hidup.

Di dalam Islam, menggambar dengan objek benda hidup itu tidak boleh. Ada hal-hal yang membuat hal itu haram.
Gambar yang menimbulkan kesyirikan tidak boleh dipajang / Gambar via studiomcphillips.com
Dalam hadits Abdullah bin Mas'ud radhiallahu anhu dari Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Sesungguhnya manusia yang paling keras siksaannya disisi Allah Ta'ala pada hari kiamat adalah para penggambar." (HR. Al Bukhari No. 5950 dan Muslim No. 2109)

Jadi, maksud dari haram yang pertama ini adalah, jika gambar itu menimbulkan kesyirikan dan menyekutukan Allah Ta'ala, maka hukumnya haram.

Dan yang kedua adalah jika dia diagungkan dan dimuliakan, baik ketika dipasang atau digantung. Mengagungkan gambar merupakan merupakan bentuk dari kesyirikan.

"Alasan disebutkannya kuburan bersama dengan gambar adalah karena keduanya bisa menjadi sarana menuju kesyirikan. Karena asal kesyirikan pada kaum Nuh adalah tatkala mereka menggambar gambar orang-orang sholeh, dan setelah berlalu masa yang lama merekapun menyembahnya," kata Asy-Syaikh Ibnu Al Utsaimin dalam Al Qaul Al Mufid (3/213)

Misalnya saja gambar-gambar para pemain film, wanita cantik, atau semacamnya yang digantung di dinding. Hal itu bisa saja menimbulkan fitnah. Ketika di sekolah ada gambar-gambar pahlawan atau semacamnya, hal itu diperbolehkan selama tidak membuat orang yang bersangkutan jauh dari Allah Ta'ala.

Wallahu a'lam bishawwab.
Apakah di dalam Agama Islam tidak Boleh Menggambar? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top