Jumat, 11 Maret 2016

Unik! Supermarket ini Menjual semua Makanan Kadaluarsa

Kita seringkali berbelanja di supermarket. Ketika hendak membeli suatu produk, pasti kita memperhatikan kemasannya dengan seksama. Selain harga yang dilihat, hal terpenting lainnya adalah melihat tanggal kadaluarsanya. Jadi bahaya kan kalau kita membeli dan mengkonsumsi produk kadaluarsa.

Di Indonesia sendiri, seringkali dilakukan razia di supermarket untuk barang kadaluarsa tersebut. Terutama ketika menjelang hari raya, biasanya banyak parsel yang dijual tapi makanan atau minuman di dalamnya ternyata sudah kadaluarsa.
WeFood / Gambar via qz.com
Tapi uniknya, di luar negeri sana, tepatnya di Copenhagen, Denmark, ada supermarket yang membuat produk yang tak lazim. Bukan bentuk atau fungsinya yang aneh, tapi produk yang dijual disini semuanya sudah kadaluarsa.

Supermarket ini diberi nama WeFood. WeFood sendiri telah mendapat legalitas dari pemerintah setempat, bahkan pihak pemerintah yang meresmikan diwakilkan oleh Putri Marie serta menteri pangan dan lingkungan, Eva Kjer Hansen.Keduanya meresmikan dengan menghadiri grand opening WeFood.

Masyarakat sekitar bukannya menolak atau berdemo mengecam WeFood karena menjual produk kadaluarsa. Mereka malah senang dan antusias degan dibukanya WeFood. Terbukti, ketika pertama kali dibuka, antrian para pembeli sangat panjang.

Para masyarakat juga senang karena produk yang dijua harganya jauh lebih murah daripada yang ada di pasaran, yaitu lebih murah 30 sampai 50 persen. Masyarakat nampaknya tidak takut dan resah jika mereka harus mengkonsumsi makanan dan kosmetik yang sudah kadaluarsa.

Pemerintah mendukung pembukaan WeFood karena WeFood berhasil mengatasi banyaknya sampah yang terbuang sekitar 25 persen. Di Denmark sendiri, total membuang sampah sekitar 700.000 ton setiap tahun. Bahkan, PBB mengkalkulasikan jumlah makanan yang terbuang setiap tahun di seluruh dunia mencapai 1,3 miliar ton makanan.

Oleh karena itulah WeFood begitu didukung. Ini juga dapat menyadarkan masyarakat agar tidak membuang-buang makanan, karena di luar sana masih banyak orang yang membutuhkan makan.
Unik! Supermarket ini Menjual semua Makanan Kadaluarsa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top