Kamis, 24 Maret 2016

Unik! Merpati Dipekerjakan sebagai Polisi di London

Biasanya, burung merpati hanya menjadi burung peliharaan manusia. Selain itu, merpati putih juga sering digambarkan sebagai burung perlambang cinta.

Tapi, teryata burung merpati tak sebatas hanya sebagai peliharaan atau lambang cinta saja loh. Lebih dari itu, burung merpati dapat menjadi polisi udara di London.
Pigeon Air Control, Plume Labs / Gambar via audubon.org
Baru-baru ini, sebuah lembaga riset meluncurkan proyek Pigeon Air Control, yaitu lembaga Plume Labs. Merpati ini sebenarnya milik seorang warga London bernama Brian yang sangat peduli terhadap merpati.

Merpati-merpati yang menjadi polisi polusi udara ini bertugas untuk mengamati polusi udara di beberapa tempat. Mereka dibekali tas punggung mini yang disana terdapat sensor untuk mendeteksi polusi udara dan akan melaporkannya secara otomatis ke pusat data. Kemudian, laporan akan diunggah ke Twitter.

Para merpati mampu memberikan sinyal dimana lokasi polusi udara terparah lengkap dengan peta lokasinya. Hal ini sangat membantu mengurangi korban kematian akibat polusi udara, karena d London terdapat 9.500 orang meninggal setiap tahun akibat polusi udara.

Bagi para pecinta hewan jangan khawatir, sebab merpati ini hanya dipekerjakan selama tiga har. Kemudian setelah itu mereka akan dilepaskan dari tugasnya dan diganti dengan merpati lainnya. Mereka pun tak mendapat perlakuan kasar dari Plume Labs.

Wah menarik sekali ya readers!
Unik! Merpati Dipekerjakan sebagai Polisi di London Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top